SIDANG TIPIKOR MOBNAS PEMKO PADANG

Korupsi Lagi, Helwis Dituntut 4,5 Tahun


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:49:50 WIB
Korupsi Lagi, Helwis Dituntut 4,5 Tahun Ilustrasi

PADANG, HALUAN — Terdakwa kasus tindak pidana korupsi dalam pengadaan mobil dinas (mobnas) Pemko Padang pada 2007 lalu, Helwis, dituntut hukuman penjara 4 tahun dan 6 bulan penjara.

Mantan Kabag Perlengkapan di ling­kungan Pemko Padang itu, juga dituntut membayar kerugian negara sebesar Rp900 juta subsidair kurungan 2 tahun penjara.

Kasus ini berawal dari temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2011. Dalam pemeriksaan, ditemukan berbagai keganjilan dalam pengadaan mobnas Pemko Padang pada 2007 lalu. BPK pun me­nyampaikan temuan ini kepada Inspektorat, yang kemudian diteruskan kepada Pemko Padang. Namun, tidak ditindaklanjuti sesegera mungkin oleh Pemko Padang. 

Dalam temuan BPK, anggaran lebih kurang Rp6 miliar untuk pengadaan mobnas ini hanya terealisasi sebesar Rp5 mi­liar. Kasus ini pun diselidiki oleh kejaksaan atas Surat Perintah Penyelidikan pada Agustus 2014.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus ini Beatrix Cs, berpendapat bahwa terdakwa terbukti melanggar pasal 3 jo 18 huruf a dan b (2), (3) UU nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Selain itu, JPU beranggapan bahwa terdakwa memberikan keterangan yang berbelit-belit dan tidak mau mengakui perbuatannya. Sehingga, dinilai ber­tentangan dengan upaya pemerintah dalam memberantas tindak pidana korupsi. Selain itu, faktor pernah dihukumnya terdakwa akibat perbuatan korupsi di waktu yang lalu juga ikut mem­beratkan tuntutan terhadap terdakwa.

Pantauan Haluan, terdakwa yang men­jalani persidangan tanpa didampingi pe­na­sihat hukumnya, mengaku akan me­ngajukan pembelaan atas tuntutan JPU terhadap dirinya. “Saya akan ajukan pledoi majelis, karena saya yakin saya tidak bersalah,” ucapnya di hadapan majelis hakim yang diketuai oleh Famiron dengan anggota Emria dan Perry Desmarera. (h/isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 25 Oktober 2019 - 16:02:59 WIB

    DPRD Dukung Pemerintah Pecat ASN Korupsi

    DPRD Dukung Pemerintah Pecat ASN Korupsi PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Padang dukung pemerintah untuk memberhentikan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi. .
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 07:04:57 WIB

    Cegah Korupsi, Pemko Padang Terbitkan Perwako Tentang Pengaduan WBS

    Cegah Korupsi, Pemko Padang Terbitkan Perwako Tentang Pengaduan WBS PADANG, HARIANHALUAN.COM –Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman seluruh jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Padang tentang program pencegahan dan pengendalian tindak pidana korupsi dan peraturan-peraturan yang berkaitan.
  • Jumat, 23 Desember 2016 - 01:46:45 WIB

    Semen Padang Gelar Seminar Anti Korupsi

    Semen Padang Gelar Seminar Anti Korupsi PADANG, HALUAN – Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Nasional (HAKN) yang jatuh setiap 9 Desember, PT Semen Padang menggelar Seminar Hari Anti Korupsi Nasional di Wisma Indarung, Rabu (21/12)..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 02:02:20 WIB
    PENGADILAN TIPIKOR TERIMA 39 BERKAS

    Dua Daerah Tak ‘Setor’ Kasus Korupsi

    PADANG, HALUAN – Dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar, hanya Kabupaten Kepulauan Mentawai, dan Kabupaten Solok Selatan yang tercatat tidak melimpahkan perkara korupsi untuk disidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi .
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:36:55 WIB
    KULIAH UMUM KPK RI DI PADANG

    Korupsi Meluas Secara Sistematik

    Korupsi Meluas Secara Sistematik PADANG, HALUAN — Kapol­ri Jendral Polisi Tito Karnavian, menghadiri supervisi pene­gakan hukum yang digelar Komisi Pembe­ran­tasan Korupsi (KPK) di Hotel Pangeran Beach Padang, Senin (29/8). KPK menyebut, korupsi di Ind.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]