TdS di Pariaman Picu Semangat Pembangunan


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:51:55 WIB
TdS di Pariaman Picu  Semangat Pembangunan Logo Tour de Singkarak

PARIAMAN, HALUAN — Dampak positif dari iven internasional Tour de Singkarak (TdS) di Kota Pariaman mulai terlihat. Bahkan Pembangunan di Kota Tabuik mulai berjalan secara maksimal dan dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Dengan TdS ini kami semangat memajukan pariaman dengan dunia pariwisata. Sekarang pembangunan kami arahkan ke pariwiasata. Jika dilihat pada TdS pertama pantai itu kurang bersih dan kini sudah bagus,” ujar Walikota Pariaman Muhklis Rahman, saat menerima kunjungan Komisi V DPRD Sumbar di Balaikota Pariaman, Kamis (4/8).

Ia menjelaskan, wisatawan domestik sudah banyak yang datang ke kota yang berada di pesisir pantai tersebut. Mukhlis juga menyatakan, bahwa istilah di pariaman dulunya dikenal dengan “Pariaman balangang-langang. Ba tabuik mako ka rami, kini sudah berubah menjadi Piaman sudah rami. Batabuik mako batambah rami.

“Hampir setiap hari ada pengunjung apalagi didukung dengan adanya kereta api yang jadwalnya empat kali sehari,” terangnya.

Mukhlis menambahkan, bertumbuhnya eko­nomi dari TdS pertama hingga persiapan TdS 2016 terlihat dari pembangunan  hotel dan penginapan di Pariaman. Sehingga pada etape di Pariaman semua atlet dan tamu sudah menginap di Pariaman. “Dulu atlet dan krunya tidak nginap di di sini, karena jumlah hotel tidak cukup. Tapi kini sudah ada enam hotel dan homestay di sini,”

Ia menambahkan, untuk pengamanan peserta TdS, Pemko Pariaman bersama instansi seperti polisi dan TNI dilibatkan untuk menjaga keamanan. Tak hanya itu pemerintah kota juga membentuk dubalang di setiap desa. “Selain aparat TNI, Polri dan Pol PP, kami juga membentuk dubalang yang akan menjaga kami pun atau desa mereka masing. Sehingga muncul ketertiban dan keamaman. Total ada sekitar 495 dari semua instansi,” paparnya.

Pada tahun 2016 ini, Kota Pariaman mendapat etape 6 pada (10/8) dengan start di Pesisir Selatan dan finish di Kota Pariaman. Selain itu Kota Pariaman juga dilalui oleh pembalap TdS pada etape 4, dan start di Padang Panjang dan finish di Agam.

 

Taman Burung dan Lomba Baruak Memetik Kelapa

Sejumlah kota dan kabupaten di Sumbar berlomba-lomba berinovasi di bidang pariwisata. Kota Pariaman tidak mau ketinggalan, satu pulau di Kota Tabuik “disulap” menjadi taman burung.

“Pulau Tangah dijadikan taman burung, dan ini perlu dukungan semua pihak. Jadi wisata tidak hanya di Pulau Angso Duo saja,” terang Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman.

Ia mengatakan, pembangunan taman di Pulau Tangah diharapkan akan terealisasi pada tahun 2017. “Ini perlu dukungan dari Dinas Pariwisata Sumbar dan DPRD Sumbar karena dananya cukup besar sekitar 36 miliyar,” ungkapnya.

Inovasi lainnya yang akan disiapkan untuk meningkatkan kunjungan wisata adalah menyiapkan sejumlah tradisi unik seperti baruak memetik kelapa. Baruak yang menjadi hewan peliharan dan membantu masyarakat tersebut dapat ditonton oleh wisatawan.  (h/rvo)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 06 November 2019 - 21:11:33 WIB

     Jelang TdS Etape VI,  Jalan Nasional di Solsel Masih Banyak Berlubang

     Jelang TdS Etape VI,  Jalan Nasional di Solsel Masih Banyak Berlubang SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-Kondisi jalan nasional di Solok Selatan (Solsel) masih banyak berlobang, berselang sekitar 20 jam lagi jelang pelaksanaan Tour De Singkarak (TdS) etape VI rute Danau Singkarak - RTH Padang Aro,.
  • Jumat, 01 November 2019 - 20:20:32 WIB

    Duh..! Tim Sri Lanka dan Australia Mundur Diri dari TdS 2019

    Duh..!   Tim Sri Lanka dan Australia Mundur Diri dari TdS 2019 PADANG,HARIANHALUAN.COM-Jumlah tim yang akan berpacu pada  balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2019, 2-10 November berkurang  setelah mundurnya Tim dari Sri Lanka dan Australia..
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 15:10:52 WIB

    TdS 2019, Kota Pariaman Targetkan 50 Ribu Penonton

    TdS 2019, Kota Pariaman Targetkan 50 Ribu Penonton PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Kota Pariaman pastikan persiapan Grand Opening dan Garand Start Tuor de Singkarak (TdS) 2019 di Kota Pariaman telah mencapai 95 parsen. Dari iven tahunan ini ditargetkan akan disaksik.
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 00:04:12 WIB

    Nasrul Abit: TdS Terus Perkuat Nilai Ekonomi dan Wisata

    Nasrul Abit: TdS Terus Perkuat Nilai Ekonomi dan Wisata PADANG, HARIANHALUAN.COM — Iven Tour de Singkarak (TdS) yang sudah memasuki tahun ke-11 pada tahun ini, bukan sekadar pagelaran iven olahraga. Lebih dari itu, Wagub Sumbar Nasrul Abit (NA) menegaskan kembali bahwa misi ekon.
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 16:14:04 WIB

    Tanah Datar Matangkan Persiapan TdS 2019

    Tanah Datar Matangkan Persiapan TdS 2019 TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan tiga iven di Sumatra Barat yang masuk 100 Wonderful Event 2019, yakni Tour de Singkarak, Festival Minangkabau dan Festival Pasa Harau..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]