IAIN Jangan Lupakan Marwah Islam


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:55:42 WIB
IAIN Jangan Lupakan Marwah Islam Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj usai memberikan kuliah umum di hadapan segenap civitas akademika IAIN IB Padang foto bersama dengan Rektor Eka Putra Wirman dan jajaran pimpinan lainnya serta para guru besar, Kamis (4/8).

PADANG, HALUAN — Jelang peningkatan status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol menuju Uni­versitas Islam Indonesia (UIN), Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siraj meminta rektor tetap mempertahkankan marwah Is­lam di kampus ini. Dengan perubahan status ini nantinya, UIN bisa membuka program studi ilmu murni dan lainnya.

“Program pendidikan yang selama ini lebih banyak kajian Islamnya dan tersebar di bebe­rapa fakultas seperti Ushulud­din, Dakwah dan Adab serta fakultas lainnya seperti Sastra Arab, Psikologi Islam, Perban­dingan Agama, Perbandingan Mazhab, Jinayah Siyasah dan lainnya jangan sampai musnah dan gulung tikar. Ini adalah ilmu-ilmu yang perlu diper­tahankan,” ingatnya saat mem­be­rikan kuliah umum tentang Penguatan Kelembagaan Islam dalam Rangka Transformasi IAIN Imam Bonjol Padang menuju UIN di aula fakultas Ushuluddin, Kamis (4/8).

Menurut Said Aqil Siraj, perubahan dan berganti na­manya IAIN ke UIN hemat hanyalah sebuah simbol saja. Tapi huruf “I’ yang ber­pre­dikat  Islam harus dipertahankan.

“Kalau kata-kata Islam ini sem­pat diabaikan maka resi­ko­nya adalah kegagalan bagi du­nia perguruan tinggi terse­but. Makanya jangan sampai ke­ga­galan itu yang kita alami se­te­lah berganti nama,” terang­nya.

Menurutnya, perguruan ting­gi Islam harus membangun tanah air ini dengan rasa nasio­nalis yang tinggi.

Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Eka Putra Wirman, menyebutkan, kehadiran tokoh yang berkaliber nasional dan internasional di kampus ini pada dasarnya sebuah bentuk IAIN siap menjadi sebuah per­guruan tinggi yang ternama  di nusantara ini.

“Tentang komentar yang disebutkan tokoh NU Said Aqil Siraj agar ciri khas keil­muan dari IAIN setelah men­jadi UIN, merupakan sebuah motivasi dan mawas diri. Prin­sip ini harus kita pertahankan. Sehing­ga kekhawatiran banyak pihak akan terjawab dengan sebuah nilai bahwa sesung­guhnya ke-ilmuan Islamnya tidak akan berubah walaupun prodi umum akan dimun­cul­kan,” katanya. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:04:22 WIB

    Pemko Padang Bantu Transportasi Kampus IAIN-IB

    PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang bakal “eksodus” ke Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sebab pihak kampus telah selesai mem bangun gedung baru di kawasan itu..
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:05:10 WIB

    Menag Terima Penghargaan dari IAIN IB Padang

    Menag Terima Penghargaan  dari IAIN IB Padang PADANG, HALUAN — Men­teri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin meminta kepada Ins­titut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) di usianya yang ke-50 ini, fokus pada pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, se­perti pendidika.
  • Kamis, 24 November 2016 - 00:49:28 WIB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB

    IDB Setuju Bantuan ke IAIN IB PADANG,HALUAN — Tim Islamic Deve­lopment Bank (IDB) berkunjung ke kampus II Lubuk Lintah dan Kampus III Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang, di Sungai Bangek, Koto Tangah Kota Padang, Rabu, (23/11). Ti.
  • Selasa, 01 November 2016 - 01:38:17 WIB
    KUNJUNGAN KE KAMPUS IMAM BONJOL

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN

    Komisi VIII DPR Harapkan IAIN Segera Jadi UIN PADANG, HALUAN—Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Deding Ishak bersama 20 orang anggota berkunjung dan berdialog dengan segenap civitas akademika IAIN Imam Bonjol Padang dan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar, Senin (31/10)..
  • Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:08:21 WIB

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden

    Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang menuju Universitas Islam Negeri (UIN) tinggal beberapa langkah lagi. Saat ini pengajuan izin prinsip sudah diajukan ke presiden tinggal m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]