Ade Sumbang Emas Perdana


Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:57:09 WIB
Ade Sumbang Emas Perdana KAFILAH SUMBAR Mira Putri Dewi, Siti Ainur Rahim serta Weni Avri Rahma yang tampil beregu dalam cabang Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) berhasil memukau dewan juri dengan penampilannya Kamis (4/8) di Gedung MAN 2 Mataram. Cabang syarhil diharapkan dapat mendulang emas dalam MTQ ke-XXVI NTB ini. (ISRA)

MATARAM, HALUAN  —  Ade Setiawan yang turun pada golongan khat dekorasi putra pada perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVI di Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil me­nyum­bangkan satu emas untuk Sumbar. Emas ini merupakan emas pertama untuk Sumbar, dan kemungkinan akan terus bertambah mengingat belum seluruh cabang yang diumumkan.

Kepastian Sumbar mendapat emas pertama tersebut disampaikan pendamping kafilah Sumbar, Jumaidi. Ia mengatakan, Ade Setiawan yang melaju pada putaran final khat dekorasi putra, berhasil menyingkirkan kompetitornya, Muhammad Jakfar dari DKI Jakarta, dan Zaenudin Raes dari Banten.

 ”Satu emas sudah ditangan, kami sudah konfirmasi itu ke panitia. Namun, untuk resminya baru akan keluar malam ini,”kata Jumaidi di Mataram, NTB Kamis (4/8).

Selain khat dekorasi syarhil Quran juga menjadi harapan Sumbar untuk dapat und emas dalam MTQ NTB tahun ini. 

“Di cabang syarhil kita di­wakili tiga peserta yang turun bersama yaitu Mira Putri Dewi, Siti Ainur Rahim serta Weni Avri Rahma,” terangnya.

Sementara itu, Zaki Hanif Al Hafiz cabang tahfidz 10 juz putra dan Nur Al Rahman cabang tahfiz 10 juz putri juga masih ber­peluang memberikan hasil terbaik untuk Sumbar. Zaki Hanif Al Hafiz yang turun pada cabang tahfiz 10 juz putra, hasil sementara hingga saat ini masih berada pada posisi dua dengan nilai 97,67. Peringkat satu dipegang peserta dari Banten, M Mufid AI yang mengoleksi nilai tertinggi 98,17. 

“Sementara, Nur Al Rahman yang turun pada cabang tahfidz 10 juz putri, untuk sementara masih memperoleh nilai tertinggi 98,50,”katanya.

Peluang kafilah Sumbar untuk memperoleh medali juga masih terbuka untuk Asfar Hamidi di golongan tafsir bahasa Inggris putra yang dipertandingkan di Gedung Sankareang dan golo­ngan tilawah tuna netra Ahmad Fauzi yang dilaksanakan di Ge­dung BKD NTB yang hanya di­ikuti sebanyak 10 peserta.

Di cabang lainnya, Fadhilatul Nisa yang diturunkan di golo­ngan Menulis Makalah Ilmu Al Quran (M2IQ bisa dipastikan mendudukan juara harapan ke­tiga.  Begitu juga dengan Hazlan Illahi Arghobie yang diturunkan di golongan tartil Quran putra, yang diperkirakan hanya mampu memboyong harapan kedua.

 ”Ini setelah langkah kedua kafilah tersebut hanya kalah di semifinal. Tapi ini sudah sangat membanggakan buat Sum­bar,” ungkapnya. (h/isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]