Gencarkan Bansos PKH, Mensos Resmikan E-Warung Kube di Padang


Jumat, 05 Agustus 2016 - 17:22:04 WIB
Gencarkan Bansos PKH, Mensos Resmikan E-Warung Kube di Padang Khofifah Indar Parawangsa

PADANG, HALUAN – Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa meresmikan Elektronik Warung Kelompok Usaha Bersama (E-Warung Kube), kepada warga Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (5/8). E-Warung Kube ini ditujukan untuk mempermudah penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) kepada masyarakat.

Dalam layanannya nanti, transaksi E-Warung akan dilakukan secara non-tunai. Untuk distribusi ke masyarakat, Kementrian Sosial menggandeng salah satu BUMN yaitu Bank BRI. Di Pulau Sumatera ini, Kota Padang adalah daerah pertama yang memiliki E-Warung secara resmi. “Penyaluran melalui bank ini untuk mencegah tindakan pemotongan saat penyaluran bantuan dari pemerintah. Saya berharap hingga Desember sudah ada 300 E-Warung. Jadi ini akan bersinergi antara PKH dengan instansi terkait seperti bulog dan perbankan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan akan terlayani dengan proses distruibusi non tunai. nanti akan kita teruskan dibeberapa daerah," kata Khofifah Indar Prawansa.

Selain pelayanan sembako di E-Warung Kube, masyarakat miskin yang memilik kartu Masyarakat Indonesia Sejahtera (MIS) Elektronik tersebut juga bisa mencek saldo atau mencairkan tunai dana bantuan yang sudah diterima bagi warga kurang mampu tersebut sebanyak empat penerimaan dalam setahun. “Jadi layanan yang bersifat digital tersebut membuat peserta Program Keluarga Harapan tidak perlu mengantre lama di kantor pos untuk mencairkan bantuan lagi,” ujar Mensos. (h/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]