Perbaikan Jembatan Pasie Nan Tigo Rp5,3 Miliar


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 01:35:25 WIB
Perbaikan Jembatan Pasie Nan Tigo Rp5,3 Miliar JEMBATAN Pasie Nan Tigo yang mengalami jebol pada bagian oprit jembatan, segera diperbaiki memanfaatkan dana BNPB Rp5,3 miliar.

PADANG, HALUAN — Jembatan Pasie Nan Tigo yang dihantam banjir pada Juni lalu, segera diperbaiki dengan alo­kasi anggaran dari BNPB sebesar Rp5,3 miliar. Dana sebanyak itu akan digunakan untuk pemasangan sheet pile di sekitar sungai dan perbaikan oprit jembatan yang rusak.

Kepala BPBD dan Damkar Kota P­a­dang, Rudy Rinaldy yang dikonfirmasi soal tersebut, Jumat (5/8) di Padang, membenarkannya. Didampingi Kabid Penc­e­gahan dan Kesiapsiagaan Af­rial­di Masbiran dan Kasi Ke­siapsiagaan Hengki di­se­but­kan, usulan perbaikan jem­batan tersebut sudah disam­paikan ke BNPB.

“Kita sudah ekspose ren­cana perbaikan jembatan ter­sebut di BNPB dengan usu­lan dana Rp5,3 miliar. Karena memang keberadaan jembatan tersebut sangat penting bagi masyarakat setempat dan juga akses menuju lokasi wisata,” terang Rudy Rinaldy.

BNPB sangat meresponnya. Dan dalam waktu dekat, tim BNPB akan turun ke lapangan melakukan verifikasi. S­elan­jut­nya, beberapa pesyaratan teknis akan dilengkapi jelang dana pembangunannya dikucurkan.

Dijelaskan Afrialdi, jembatan itu mengalami kerusakan awalnya ketika banjir pada 22 Maret 2016. Saat itu, oprit jembatan me­ngalami amblas sehingga tak bisa dilewati. Untuk penanganan se­mentara, dibangun jembatan darurat menghubungkan badan jalan dengan jembatan sehingga tetap bisa dilewati.

Namun banjir pada bulan Juni, menambah parah kerusakan jembatan. Akibatnya, jembatan benar-benar tak bisa dilewati kendaraan roda empat. Objek wisata pantai Pasie Nan Tigo pun menjadi sepi. Terlebih saat Le­baran lalu, masyarakat setempat sama sekali tak bisa menangguk rezeki.

“Dari penuturan warga, me­reka benar-benar merugi saat Lebaran lalu. Tak bisa mengais rezeki. Sebab biasanya lokasi wisata Pantai Pasie nan Tigo selalu ramai saat Lebaran. Ke­marin sepi pengunjung,” tam­bah Hengki.

Dikatakan Rudy, perbaikan jembatan itu nantinya dilakukan dengan pemasangan oprit jem­batan. Selain itu, juga memasang sheet pile (dinding turap) se­panjang 100 meter. Sebab badan sungai itu sudah tergerus hingga 30 meter. Bahkan 1 unit rumah yang ada di pinggir sungai, sudah hanyut dibawa arus.

“Sungai itu sudah makin lebar, menggerus daratan 30 meter. Jadi, di pinggir sungai itu nanti akan kita pasang dinding turap, se­mentara daratan yang tergerus nanti akan diisi pasir atau tanah lagi,” jelasnya. (h/vie)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]