Kementerian Sosialisasi SPI di SMK 3


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:08:24 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Dirjen Penge­lolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan Perikanan bersama sejumlah instansi terkait lainnya di Kota Pariaman mengada­kan Sosialisasi Sekolah Pantai Indonesia (SPI) di SMK Negeri  3 Pariaman, Kamis (4/8).

Sekolah pantai di SMK Negeri 3 ini akan dilaksanakan selama enam bulan dan dimulai Juli 2016 ini. Tujuannya mengajak siswa lebih memahami mengenai penge­lolaan laut, ekosistem terumbu karang, iklim dan mitigasi bencana.

“Selain kegiatan dalam bentuk ekskul, metoda pembelajaran dilakukan dengan cara 4 A, yakni Amati, Analisa, Ajarkan dan Aksi,” ucap Kepala SMK 3 Pariaman Rafuddin.

Lima pemateri pada sosialisasi, di antaranya Dirjen Jasa Kelautan dan Penge­lolaan Ruang Laut, Abdul Muhari me­maparkan tentang pantai Indonesia. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar diwakili Alber Krisdianto mema­parkan Kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi Sumbar dalam Pengelolaan Ekosis­tem Sumber Daya Kelautan dan Perikanan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman, diwakili Zainal (Kabid Kp3KP) mensosialisasikan tentang kegiatan pelesta­rian sumberdaya kelautan dan perikanan.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kanderi tampil dengan menyosialisasikan peran serta dinas dalam mendukung pelestarian dan pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan.

Kepala SMK Negeri 3 Kota Pariaman, Rafuddin juga turut menjadi pemateri dengan memaparkan dukungan sekolah terhadap pelaksanaan program sekolah pantai (SPI) dan Kepala Bidang Kp3KP dengan pelaksanaan kegiatan pelestarian sumberdaya kelautan perikanan di Provinsi Sumbar.

“Sekolah Pantai Indonesia (SPI) di SMK 3 ini diharapkan menjadi percontohan untuk sekolah lainnya,” ucap Rafuddin. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]