Peraih Kalpataru 2010 Raih Gelar Doktor


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:12:26 WIB
Peraih Kalpataru 2010 Raih Gelar Doktor Raichul Amar

PADANG, HALUAN—Ha­ri ini (6/8) Raichul Amar sosok Pak Tua (71 tahun) akan menyandang gelar dok­tor pada Program Pasca­sarjana (PPS) IAIN Imam Bonjol Padang. Putra kela­hiran Bukittinggi, kelahiran 10 November 1945 adalah pensiunan dosen pada Fakul­tas Adab dan Hu­maniora IAIN Imam Bonjol Padang di tahun 2010.  

Ia akan menjalani ujian promosi doktor di hadapan tim penguji Rektor IAIN IB Padang Dr Eka Putra Wir­man, Direktur PPS Prof Edi Safri, Prof Syafrudin Nurdin, Prof Rusydi AM, Prof Si­rajud­din Zar dan Prof Zul­muqim serta sekretaris Dr Ardinis Arbain,  di aula PPS Jalan Sudirman, Padang.

Raichul Amar adalah pemerhati lingkungan dan peraih piagam penghargaan Kalpataru dari Presiden RI tahun 2000 dan dianugerahi penghargaan Satyalancana Pembangunan dalam bidang lingkungan Hidup dari Pre­siden tahun 2011. Suami dari Hj Erlis ini, walaupun sudah purna bakti sebagai tenaga pengajar namun sering ber­kun­jung ke kampus di Lubuk Lintah.

“Kalau saya menuntut ilmu tidak perlu mengenal usia pensiun sebagai abdi negara atau tidak,” jelasnya.

Di usia senja ini, ia telah mampu mempertahankan disertasi dalam ujian tertutup berjudul Pendidikan Ling­kungan Hidup dalam Per­spek­tif Islam dan Imple­mentasinya di IAIN Imam Bonjol Padang.

Pria yang hobi menulis ini, hingga kini telah melahir­kan 30 judul buku. Antara lain delapan buku puisi, satu biografi, pendidikan ling­kungan hidup untuk SD (ang­gota tim penulis) dan be­berapa buku lainnya.

Raichul Amar yang sem­pat menduduki posisi sebagai Kasubbag Humas di IAIN Imam Bonjol Padang selama lima bulan ditahun 1978, juga aktif sebagai kolumnis di sejumlah surat kabar harian di Padang seperti Haluan, Sing­galang, Tabloid Lim­bago, Canang, majalah eta­lase ling­kungan, majalah suara bumi Pekanbaru dan juga punya koleksi ribuan koleksi foto-foto tentang lingkungan hi­dup. Dan per­nah pula mengi­kuti pameran foto didalam dan luar negeri.    

Raichul Amar sendiri me­mandang arti ilmu dalam dua arti. Pertama, ilmu bisa mengen­dalikan diri. Kedua, ilmu akan mengantar peng­guna­nya me­noreh prestasi. (h/eni)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 16 September 2015 - 19:21:11 WIB

    Padang Satu-satunya Peraih WTN di Sumbar

    PADANG, HALUAN — Penghar­gaan bergengsi di bidang lalu lintas tingkat nasional kembali diraih Kota Padang. Berkat kerjasama berbagai stakeholder dalam mewu­judkan budaya keamanan dan kese­la­matan la.

  • Jumat, 08 Mei 2015 - 20:02:57 WIB

    Kota Calon Peraih Adipura Harus Berbenah Lagi

    MENGHADAPI PENILAIAN TAHAP II

    PADANG, HALUAN — Tujuh kota di Sumbar akan bertarung memperebutkan Piala Adipura 2015. Setelah dinyatakan lolos pada penilaian tahap I dengan pa.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]