Sarjana Pengerak Diberi Penguatan Kapasitas


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:14:19 WIB
Sarjana Pengerak Diberi Penguatan Kapasitas Foto bersama Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan bersama Kadispora Sumbar Priyadi Syukur dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Kamis (4/8). (ARDA SANI)

PADANG, HALUAN —Se­banyak 61 orang sarjana penge­rak pembangunan di pedesaan yang tergabung dalam Program Sarjana Penggerak Pem­bangu­nan di Pedesaan (PSP3) di Provinsi Sumatera Barat men­dapat pelatihan penguatan kapasitas, 4-7 Agustus, di Hotel Pangeran Beach Padang. Pela­ti­han dibuka secara resmi oleh Wagub Sumbar Nasrul Abit, Kamis (4/8) malam. 

61 orang tersebut terdiri dari dua angkatan yaitu angka­tan 24 sebanyak 26 orang dan angkatan ke 25 sebanyak 36 orang. Materi yang diberikan berkaitan dengan pertanian, perkebunanan, peternakan dan kewirausahaan.

“PSP3 ini merupakan salah satu program unggulan dari Dispora. Angkatan pertama wilayah penempatannya se-Sumatera, namun karena pe­ngu­rangan anggaran, makanya angkatan ke 25 hanya se-Sumatera Barat,” ujar Kadis­pora Sumbar, Priyadi Syukur, Kamis (4/8).

Lebih jauh Priyadi menga­takan tujuan awal dibentuknya program ini adalah mem­beri­kan pekerjaan kepada sarjana yang tidak bisa menjadi Pega­wai Negeri Sipil (PNS).

“Dengan PSP3 ini di­harap­kan para sarjana bisa menjadi mandiri, mereka tidak terfikir lagi untuk menjadi PNS,” ujarnya.

PSP3 sendiri akan berakhir pada bulan September men­datang. “Anak-anak dari Sum­bar yang ditempatkan di daerah di luar Sumbar sedikit yang kembali ke Sumbar. Hal ini disebabkan karena budaya merantau dari masyarakat Minang,” bebernya.

Sementara itu Wakil Gu­bernur Sumbar Nasrul Abit meminta anggota PSP3 yang sudah selesai untuk kreatif. “Contohnya saat ini pe­me­rintah Sumbar sedang me­ngem­bangkan pariwisata. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk membuka UMKM atau tour gate dan travel tour,”jelasnya.

Lebih jauh orang nomor dua di pemerintahan Sumbar ini mengatakan kalau untuk sukses jangan menjadi PNS namun menjadi pengusaha. “Orang yang kaya tersebut bukan berasal dari PNS namun dari pengusaha,”bebernya.

Angakatan 24 sudah ber­tugas selama dua tahun dan angkatan 25 sudah bertugas selama satu tahun. “Meski nanti para peserta sudah selesai ber­tugas, namun mereka tetap mempunyai tanggung jawab terhadap pembanguanan bang­sa ini. untuk itu saya harap mereka bisa menjadi pelopor di daerah­nya masih-masing nan­ti,”ungkap mantan Bupati Pessel ini.

Kegiatan penguatan ka­pasitas ini sangat bermanfaat bagi anggota PSP3 meski su­dah tidak bertugas. “Mudah-mudahan pengalaman yang mereka dapatkan bisa ber­manfaat baginya dan bisa mem­baginya dengan orang lain, ”tuturnya. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Agustus 2020 - 06:06:39 WIB

    6 Ribu Tenaga Kerja di Padang Kena PHK, Paling Banyak Lulusan Sarjana

    6 Ribu Tenaga Kerja di Padang Kena PHK, Paling Banyak Lulusan Sarjana HARIANHALUAN.COM - Jika mahasiswa bisa didisiplinkan dalam mematuhi protokoler kesehatan, kuliah daring bisa ditinggalkan dan kuliah tatap muka bisa dilakukan seperti sebelum Pandemik Covid-19..
  • Rabu, 27 Juli 2016 - 12:09:37 WIB

    Rektor UBH Lantik Asisten Direktur Pascasarjana

    Rektor UBH Lantik Asisten Direktur Pascasarjana PADANG, HALUAN—Dr. Ir. Junaidi M.Si secara resmi menjabat menjadi Asisten Direktur Program Pasca­sarjana Universitas Bung Hatta.Prosesi pelantikan dan serah terima jabatan dilak­sanakan di Ruang Sidang Rektor Gedung E Kam.
  • Kamis, 23 Juni 2016 - 04:53:20 WIB

    Sumbar 10 Tahun ke Depan Butuh 500 Sarjana Teknik Elektro/Mesin

    Sumbar 10 Tahun ke Depan Butuh 500 Sarjana Teknik Elektro/Mesin PADANG, HALUAN—Pro­vinsi Sumatera Barat memiliki potensi air yang melimpah untuk dijadikan sebagai Pem­bangkit Listrik Tenaga Energi Baru Terbarukan (PLT-EBT) yang mencapai 500 MW (Me­ga Watt)..
  • Selasa, 17 Mei 2016 - 04:21:41 WIB

    Pasca Sarjana Unand Gelar SMPB Gelombang I

    PADANG, HALUAN —Pro­gram Pascasarjana Universitas Andalas menggelar ujian Se­lek­si Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Pasca­sarjana Magister dan Doktor (S2 dan S3) Universitas An­dalas gelombang I pada Sa­b­tu.
  • Selasa, 03 Mei 2016 - 03:42:03 WIB
    Pembekalan Ekonomi Pembangunan Mahasiswa Unitas

    Sarjana Bangun Nagari, Jangan Tinggalkan Kampung

    PADANG, HALUAN — Ratusan Mahasiswa Universitas Tamansiswa (Unitas) Padang dibekali pengetahuan Pembangunan Eko­nomi Desa/Nagari di Kampus Universitas Tamansiswa, Senin (2/5) kemarin..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]