HINGGA JULI 2016

Objek Wisata Agam Dikunjungi 278.402 Orang


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:17:14 WIB
Objek Wisata Agam Dikunjungi 278.402 Orang Puncak Lawang dangan pemandangan Danau Maninjau yang tak pernah luput dari kunjungan wisatawan.

AGAM, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan bahwa jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke objek wisata di daerah itu sebanyak 278.402 orang selama Januari sampai Juli 2016.

“Data ini diperoleh dari laporan setiap bulan dari pe­ngeloladi 13 objek wisata ke staf Disbudpar Agam,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Agam, Hadi Suryadi di Lubuk Basung, Kamis (4/8).

Ia menambahkan, ke-13 objek wisata itu yakni, Pantai Tiku, Bandar Mutiara, Muko-muko, Embun Pagi, Ambun Tanai, XII Nan Basa, Lawang Park dan objek wisata Ikan Sakti Sungai Janiah. Kemudian, objek wisata Eko Wisata Lasi, Tarusan Kamang, Ngalau Indah dan objek wisata Ngalau Indah.

Untuk jumlah kunjungan selama tujuh bulan sebanyak 278.405 orang, dirinci, untuk bulan Januari sebanyak 32.624 orang, Februari sebanyak 23.­306 orang, Maret sebanyak 19.727 orang, April sebanyak 16.598 orang, Mai sebanyak 18.258. orang, Juni sebanyak 17.356 orang dan pada bulan Juli sebanyak 150.535 orang.

“Pengunjung ini berasal dari warga Agam, perantau Agam, kabupaten dan kota di Sumbar maupun wisatawan mancanegara,” tambahnya.

Selain membenahi objek wisata sebagai bentuk pela­yanan dan daya tarik bagi pengunjung, Disbudpar Agam juga memberikan pelatihan kepada pengelola, pedagang dalam melayani pengunjung, membuat tarif menu yang dijual, buka SMS layanan pengaduan dan menurunkan pegawai Disbudpar untuk me­nerima keluhan pengunjung.

“Pelatihan ini telah kita ada­kan dan petugas akan di­turunkan sebanyak tiga orang setiap hari di objek wisata itu,” katanya.

Dengan cara ini, pihaknya berharap target kunjungan ini tercapai nantinya sekitar 500 ribu orang, sehingga ber­dam­pak terhadap pendapatan para pedagang dan pengelola. 

Disamping itu, pihaknya tidak menutup kemungkinan bagi SKPD Agam untuk ter­libat dalam membantu me­ngembangkan objek wisata di wilayah Kabupaten Agam, apalagi untuk dana perbaikan dan pengembangan ojek wisata masih terbatas. (h/amc/hel)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]