Layanan SMS Permudah Warga Urus Akta Kelahiran


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:19:48 WIB
Layanan SMS Permudah Warga Urus Akta Kelahiran Ilustrasi.

PADANG, HALUAN — Se­jak diluncurkan pada 2009 lalu, jumlah tempat bersalin yang menggunakan layanan SMS Disdukcapil sudah mencapai 27 unit. Layanan SMS Disduk­capil itu sendiri, bertujuan untuk mempermudah warga dalam mengurus akta kelahiran.

“SMS ini diperuntukkan bagi rumah sakit, klinik ber­salin, puskesmas dan bidan. Tujuannya untuk mem­per­mudah warga dalam mengurus akta kelahiran,” Kasi Kelahiran, Pengakuan dan Pengesahan Anak Disdukcapil Kota Pa­dang, Arifwan kepada Haluan, Jumat (5/8).

Dikatakan, syarat untuk bergabung dengan SMS ini adalah tempat bersalin tersebut harus melapor ke Disdukcapil, agar nomor rumah sakit ter­sebut bisa tersimpan. “Pihak rumah sakit harus melapor mana nomor yang dapat di­guna­kan untuk membuat akta kelahiran anak. Hal ini dila­kukan agar tidak banyak nomor yang masuk ke Disdukcapil, “ ujarnya.

“Rumah sakit, klinik ber­salin, puskesmas dan bidan yang bergabung dengan laya­nan SMS Disdukcapil ini, karena sebagian tempat ber­salin ingin Disdukcapil yang menjemput dan mengantar berkas akta tersebut,” ujar Arifwan.

Arifwan mengatakan, for­mat SMS untuk rumah sakit yang telah bergabung dalam pembuatan akta kelahiran ini adalah nomor kartu keluarga (KK) yang baru melahirkan anak, NIK orang tua, surat nikah orang tua, serta tanggal dan waktu kelahiran anak.

Jika masyarakat melahirkan anak di rumah sakit yang sudah bergabung dengan Disdukcapil dalam pembuatan akta, maka setelah melahirkan pihak ru­mah sakit bisa langsung mel­a­por­kan kelahiran bayi tersebut dan membuat akta serta KK baru. Pembuatan akta ini mem­butuhkan waktu satu minggu.

Sejak bulan Januari 2016 lalu imbuh Arifwan, jumlah warga yang mengirim SMS untuk pengurusan akta ke­lahiran mencapai 1.585 ora­ng. Dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu me­ngan­tre lagi untuk me­ngu­rus akta kelahiran anaknya. (h/mg-rma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]