Hobi Antarkan Ade Gemilang di NTB


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:33:21 WIB
Hobi Antarkan Ade Gemilang di NTB ADE SETIAWAN peraih mendali emas pada cabang khat dekorasi di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVI di Mataram, Nusa Tenggara Barat saat berfoto bersama dengan Istri Gubernur Sumbar, Nevy Irwan Prayitno beberapa waktu lalu.

Melakukan hobi dan diganjar dengan penghargaan tingkat nasional, tentu sangat menyenangkan. Tentu tidak didapat semudah itu, butuh kerja keras dan konsistensi tentunya. Itu lah yang coba dibuktikan Ade Setiawan, peraih mendali emas pada cabang khat dekorasi di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVI di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Berawal dari kegemarannya menggambar dari masa Sekolah Dasar (SD) hingga menjadi pembuat kaligrafi membuat anak ke­dua dari delapan bersaudara ini mengecap banyak pres­tasi.  Cetakan kaligrafinya bahkan tidak hanya meng­hiasi masjid yang ada di Sum­bar, Riau, Rohul, dan Kepri saja, bahkan karyanya juga telah terpajang di masjid yang ada di tanah Malaysia sana.

“Ini semua bermula dari kegemaran saya meng­gam­bar dari SD. Awalnya hanya gambar pemandangan, he­wan, manusia dan macam-macam gambar lah,”katanya kepada Ha­luan Kamis (4/8) malam di Grand Legi Hotel, Mataram, NTB.

Bahkan kata Ade, ia kerap menang dalam lomba meng­gambar pada tingkat SD tersebut. “Antar kampung ada, cuma untuk sampai tingkat kecamatan sering tidak ikut,”ujar laki-laki kelahi­ran Padang, 7 Desember 1981 itu.

Baru lah pada saat memasuki Pesantren Al Manar, Batu Ham­par, Limapuluh Kota ia mulai berpindah menekuni coretan kaligrafi Alquran. Di sana ia mulai mengasah kemampuannya dalam oretan tulisan Alquran.

Banyak prestasi yang telah diraih anak dari pasangan Atmam Afas dan Yusni Minik ini dalam bidang kaligrafi, seperti peringat ketiga pada MTQ Kendari pada tahun 2003, peringkat pertama pada MTQ Palangkara, Kalteng pada tahun 2006, peringkat kedua pada MTQ Ambon tahun 2012, harapn II pada MTQ di Bangka pada tahun 2008 dan sekarang juara pertama pada cabang yang sama di MTQ Nasional ke-XXVI, NTB.

“Perjalanan saya tidak lah selalu mulus, buktinya pada kejuaraan di Bengkulu dan Kepri saya tidak dapat apa-apa. Namun, itu saya jadikan cambuk untu terus menghasilkan karya yang lebih baik,”terang Dosen STAIDA Payakumbuh itu.

Bagi alumni SD Negeri 25 Akabiluru, Limapuluh Kota ini kejuaraan di NTB ini merupakan kejuaraan tingkat nasional yang terakhir ia ikuti. Mengingat saat ini umurnya telah mencapai 35 tahun.

Namun demikian, jebolan S2 IAIN Imam Bonjol itu tidak akan meninggalkan hobi yang telah membawanya melanglang buana keliling Indonesia, bahkan ia akan melatih anak-anak Sumbar yang memang tertarik menekuni kaligrafi.

“Saya sering diminta untuk melatih anak-anak di Riau, Kepri, Kampa dan Rohil. Itu yang me­minta pemda-nya,”tukas lulusan IAIN IB 2005 itu.

Tidak jarang kata Ade, murid yang ia latih malah menjadi kompetitornya di pegelaran lom­ba kaligrafi di tingkat nasional. “Sebenarnya dalam kaligrafi tidak ada murid dan guru seperti itu. Bahkan yang mengalahkan saya di Kendari itu saya yang mela­tihnya,”tukas murid Muafril itu.

Menurut Ade, untuk Sumbar sendiri banyak bakat-bakat yang luar biasa untuk hal kaligrafi. Hanya saja karena masih kurang­nya kompetisi yang dilakukan banyak dari pemilik bakat ter­sebut tidak keluar.

“Bisa dibayangkan, itu kalau di luar kejuaraan kaligrafi banyak dilakukan bahkan sampai pu­luhan kali dalam setahun. Saya saja itu berlomba hanya satu kali dalam setahun, selebihnya saya manfaatkan untuk membuat kali­grafi masjid agar dapat terus mengasah kemampuan,”tukasnya.

Sementara itu, pendamping kafilah Sumbar, Andri, pernah berujar bahwa Ade Setiawan me­mang menjadi andalan Sumbar dalam bidang khat dekorasi. Dari awal bahkan cabang ini telah diprediksi akan menyumbang emas.

“Kemampuannya dalam kali­grafinya luar biasa Bisa dikatakan itu di luar kewajaran. Kami yakin dia akan dapat mengharumkan nama Sumbar,”ungkapnya. (*)

 

Laporan: ISRA HERMANTO

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]