TdS Jadi Rujukan Infrastruktur Daerah


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:36:04 WIB
TdS Jadi Rujukan Infrastruktur Daerah Menteri Pariwisata, Arief Yahya (tengah), Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit (kanan) dan Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni (kiri), melakukan jumpa pers jelang Tour de Singkarak 2016 di Padang, Sumatera Barat, Jumat (5/8). (ANTARA)

PADANG, HALUAN — Men­teri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Tour de Singkarak (TDS) adalah momen tepat untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Sumbar, selain itu juga menjadi rujukan bagi kepala daerah dalam membangun insfrastruktur di daerahnya.

“Terutama pemba­ngu­nan dan perbaikan jalan, sehingga dengan insfra­struk­tur yang baik, daerah dapat menjadi rujukan wisatawan baik dalam maupun luar negeri,” ujarnya, Jumat (5/8) saat jumpa pers terkait per­siapan menjelang pelak­sanaan ajang balap sepeda bergengsi resmi dari Per­satuan Balap Sepeda Inter­nasional (Union Cycliste International) Tour de Sing­karak 2016 di ballrom Hotel Grand Inna Muara.

Ia menjelaskan, penye­leng­araan TdS yang meru­pakan ajang internasional yang diselengarakan ke 8 kalinya, menjadi sprot tourism untuk mengembangkan pariwisata In­donesia ke mata dunia, karena event tersebut sudah masuk ka­lender pariwisata nasional yang telah terselenggara tiap tahun.

“Pada even ini juga akan menjadi evaluasi sekaligus ruju­kan bagi pemda dari sisi insfra­struktur didaerah, terutama jalan, sehingga dengan insfrastruktur yang baik, daerah dapat menjadio rujukan wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, Jamal Direktur lomba TdS 2016 mengatakan, TdS 2016 kali ini tidak hanya dikuti oleh tim dari luar saja tapi juga enam tim dari Indonesia. Salah satu tim baru yang ikut pada ajang TdS kali ini yaitu tim Kenya Raiders, masuk sepuluh besar tim hebat di Afrika. Untuk rute kali ini lebih bervariasi dari tahun sebelumnya, pada etape awal mungkin masih agak lebih mu­dah. Selanjutnya mulai pada etape ke-3 rutenya sedikit mulai me­nantang dengan berbagai tiku­ngan dan tanjakan, seperti di kelok 9 dan kelok 44 hingga finish di Puncak Lawang. Ini akan lebih menguras tenaga dari para pembalap.

Untuk peserta TdS Tahun lalu ada 24 tim dari 22 negara yang berpartisipasi dalam ajang TdS tersebut, tetapi untuk tahun ini ada 19 tim dari 24 negara yang ikut serta. Terkait hal tersebut, Jamal menjelaskan, tidak ada pengaruh terhadap kualitas dari ajang balapan sepeda. Selain jumlah peserta TdS yang ber­samaan dengan pelaksanaan Olim­piade 2016 di Rio de Janeiro, Jamal mengatakan tidak ada pengaruh yang begitu besar terha­dap pelaksanaan TdS di Sumbar.

Hanya saja, akan terjadi se­dikit pengurangan dari jumlah media Nasional dan media In­ternasional yang meliput pelak­sanaan lomba TdS kali ini. “Mung­kin media Internasional akan lebih banyak meliput ke­giatan Olimpiade di Rio de Je­neiro, namun hal itu tidak akan mempengaruhi dari pemberitaan ajang TdS kita karena saat ini media pun sudah mulai ber­datangan ke Sumbar,” jelasnya.

Sementara itu, pihak pelak­sana menggelar grand opening di kawasan dermaga Danau Sing­karak, Kabupaten Solok, Jumat malam. Seluruh peserta dan komponen terkait pelaksanaan iven ini mengikuti kegiatan yang dihadari Menteri dan Pejabat Sumbar dan Kabupaten Kota.

Tuan rumah grand opening, Bupati Solok Gusmal berharap dengan adanya even besar ini akan membawa peningkatan dari semua sektor, baik pariwisata, penda­patan, maupun perkembangan usaha kemasyarakatan.

“Saat ini ada sebanyak 192 objek wisata yang kita punya baik itu wisata alam, budaya, dan beberapa yang lainnya yang perlu dikembangkan. Namun lima ta­hun ke depan kami akan fokus pada tiga objek wisata yang disebutkan di atas,” ujarnya usai grand opening TdS di Dermaga Danau Singkarak, Jumat (5/8) malam.

Rencana pengembangan tiga daerah wisata ini tentunya tidak cukup hanya kerja dari daerah saja, melainkan juga butuh du­kungan dari gubernur maupun menteri. Agar tercapainya tujuan, dan rencana yang telah dibuat. Ia juga mengaku sudah menda­patkan investor untuk kawasan Danau singkarak, pembuatan hotel oleh Epyardi Asda dan dalam waktu dekat akan segera dikeluarkan izinnya.

Sementara itu, Menteri Arief Yahya mengatakan, TdS adalah tour terbesar di indonesia dan no 5 di dunia, dan ini juga sudah menjadi referensi untuk daerah-daerah lainnya misalnya saja tour Banyuwangi, dan beberapa daerah lainnya. “Daerah lain menjadikan Sumbar ini sebagai referensi untuk melaksanakan tour, dan mudah-mudahan juga memotivasi bagi daerah lain,” ulasnya.

Dengan adanya even TdS ini menurutnya akan mendatangkan tiga dampak positif diantaranya, mengembangkan pariwisata se­tempat, meningkatkan pen­da­patan masyarakat, dan penyum­bang devisa yang banyak.

Gubernur Sumbar Irwan Pra­yitno mengatakan, TdS sangat berperan dan berdampak positif bagi masyarakat karena ajang promosi bagi destinasi pariwisata yang ada di Sumbar. Dampak TdS begitu banyak mulai dari, pertumbuhan ekonomi, investasi dan visa meningkat dan ia juga melihat semangat masyarakat dari tahun ke tahun menjadi ajang perbaikan bagi daerahnya. (h/rin)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:50:30 WIB

    KDEI Ikut Meriahkan TdS

    KDEI Ikut Meriahkan TdS PADANG, HALUAN—Ko­munitas Desainer Etnik In­donesia (KDEI) ikut serta memeriahkan penutupan Tour de Singkarak 2016. Demikian dikatakan Ketua Umum KDEI Raizal Bo­eyoe­nq Rais pada Haluan saat bertemu Dinas Pariwisata Kot.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 16:35:16 WIB

    Minyak Tumpah di Jalan, Bikin Molor TdS Etape Enam

    Minyak Tumpah di Jalan, Bikin Molor TdS Etape Enam PADANG, HALUAN - Etape keenam Tour de Singkarak (TdS) yang dimulai dari Pantai Tiram, Kabupaten Padang Pariaman dan berakhir di Kota Sawahlunto menjadi sedikit molor dan membuat para pebalap bisa tergelincir..
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 08:43:17 WIB

    Amankan TdS, Berikut Rincian Jumlah Personel yang Diturunkan Polresta Padang

    Amankan TdS, Berikut Rincian Jumlah Personel yang Diturunkan Polresta Padang PADANG, HALUAN - Polresta Padang, mengamankan tiga etape Tour de Singkarak pada Rabu (10/8/2016), Kamis (11/8/2016) dan Minggu (14/8/2016), di mana jumlah personil tiap etape tersebut sebagai berikut:.
  • Rabu, 03 Agustus 2016 - 04:34:37 WIB
    PAGI INI DI PANTAI PADANG

    Festival Kuliner Meriahkan TdS 2016

    Festival Kuliner Meriahkan TdS 2016 PADANG, HALUAN—Ke­menterian Pariwisata RI be­kerja sama dengan Pemko Padang, menggelar festival kuliner, yang akan digelar Rabu (3/8) pagi ini di Jl. Samudera Pantai Padang. Kegiatan dalam rangka me­meriah­kan Tour de S.
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 03:46:21 WIB
    TIM LUAR NEGERI SUDAH DI PADANG

    Penyambutan Tds Terasa Hambar

    Penyambutan Tds Terasa Hambar PADANG, HALUAN — Per­helatan akbar Tour de Singkarak (tds) 2016, sudah di ambang mata. Sepanjang Minggu (31/7) hingga Senin (1/8) kemarin, sejumlah tim dari beberapa Negara, juga sudah tiba di Kota Padang. Namun, kemeriaha.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]