Etape Dua Tour de Singkarak Bakal Penuh Kejutan


Sabtu, 06 Agustus 2016 - 20:23:21 WIB
Etape Dua Tour de Singkarak Bakal Penuh Kejutan PEBALAP Tour de Singkarak saat melewati Danau Singkarak dalam etape pembuka TdS. APIZ JACKSON

PAYAKUMBUH, HALUAN - Tour de Singkarak (TdS) 2016 etape kedua dengan rute Limapuluh Kota menuju Tanah Datar, Minggu (7/8) diprediksi bakal penuh kejutan karena banyak pebalap baru potensial yang berpeluang menjadi juara.

Di etape dua ini, semua pebalap akan dihadapkan dengan lintasan variatif karena pada di rute sejauh 119,5 km ini terdapat tiga titik King of Mountain (KOM) yaitu di Kelok 9, Pauh Tinggi dan Satangkai. Selain itu ada dua titik sprint yaitu di Payakumbuh dan Pasar Tanjung Baruak.

"Sekarang sulit prediksi. Semua pebalap memiliki peluang yang sama untuk menang. Seperti yang terjadi di etape pertama," kata pebalap Terengganu Cycling Team Malaysia, Dadi Suryadi di Payakumbuh, Sabtu (6/8).

Menurutnya, etape kedua kondisinya hampir sama dengan etape pertama. Bisa dipastikan pebalang ada dalam rombongan besar dan dibeberapa titik baru akan melepaskan diri. Kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk menjadi yang terbaik dalam setiap etape.

Ditanya peluang, pebalap kelahiran Sumedang Jawa Barat itu tidak mau gegabah. Dadi mengaku dirinya akan berusaha menjalankan strategi dari timnya. Apalagi tim asal Malaysia itu memiliki pebalap yang variatif baik dari sisip sprinter maupun climber.

"Saya ngalir aja. Jika ada peluang saya akan mengambilnya. Doakan saja," kata pebalap yang akan memperkuat kontingen Jawa Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 itu.

Jika dilihat dari nama-nama pebalap yang turun di Tour de Singkarak 2016, pebalap yang berpeluang menjadi yang terbaik selain juara etape pertama yaitu Dylan Newberry dari Data #3 Cisco Team Australia juga ada pebalap Kenyan Riders, Samwel Mwangi.

Tidak hanya itu pebalap Indonesia lainnya yang juga berpeluang menyodok adalah Robin Manulang. Pebalap yang memperkuat Timnas Indonesia juga memiliki peluang, apalagi pada kejuaraan ini juga didukung pebalap yang punya pengalaman seperti Rastra Patria Dinawan.

Pebalap Pishgaman Cycling Team juga pantas diwaspadai. Meski tidak turun dengan formasi yang sama saat menjadi juara Tour de Singkarak 2015, tim asal Iran tetap mempunyai pebalap berbahaya. Sebut saja Amir Kolahdouz, Rahim Emami dan Reza Hosseini yang cukup mengenal lintasan balap di Sumatera Barat itu.

Khusus untuk Dylan Newberry, sebagai pemegang yellow jersey tanda pemimpin klasemen mengaku akan memberikan yang terbaik di etepa dua. Hanya saja, pebalap berusia 22 tahun ini enggan membocorkan strategi yang akan digunakan pada balapan yang akan finis di Istano Basa Pagaruyung itu.

"Saya akan berusaha terus didepan, namun untuk strategi belum bisa kami katanya. Nanti malam strategi baru akan disiapkan oleh tim," kata Dylan saat dikonfirmasi usai menjadi pemenang etape pertama kejuaraan yang didukung penuh Kementerian Pariwisata itu.

Selain lintasan yang variatif, di etape kedua ini semua pebalap akan disuguhkan lokasi wisata yang menjadi salah satu andalan di Sumatera Barat. Sebut saja tempat wisata alam Lembah Harau. Selain itu tanjakan eksotik Kelok 9 dan dipenutup ada Istano Basa Pagaruyung yang merupakan ikon Ranah Minang.

Jika ditelusuri ke belakang, setiap finis di Istano Basa Pagaruyung, semua pebalap dan tim pendukung kejuaraan yang masuk kalender UCI dengan kategori 2.2 ini akan dijamu dengan makan Bajamba atau makan bersama di Istana serta dihibur dengan seni khas Sumatera Barat. (h/dj/rin/rel)

 

Editor : Juli Ishaq Putra

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 06 November 2019 - 10:16:28 WIB

    TdS Etape IV di Dharmasraya Banjir Penonton

    TdS Etape IV di Dharmasraya Banjir Penonton PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Meskipun sudah rutin digelar sejak sembilan tahun terakhir di Kabupaten Dharmasraya, iven balap sepeda bergengsi kelas dunia, Tour de Singkarak (TdS) nampaknya selalu mendapat tempat di hati .
  • Rabu, 06 November 2019 - 09:33:38 WIB

    Etape IV TdS Dilepas Bupati Dharmasraya

    Etape IV TdS Dilepas Bupati Dharmasraya Dalam sambutannya, bupati mengatakan, Tour de Singkarak adalah upaya untuk mengenalkan Kabupaten Dharmasraya kepada dunia internasional. .
  • Selasa, 05 November 2019 - 21:35:52 WIB

    TdS Star di Etape V, Pebalap Dunia Kelilingi Kota

    TdS Star di Etape V, Pebalap Dunia Kelilingi Kota PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Ratusan pebalap dunia pada ajang balapan sepeda Tour de Singkarak, kembali berpacu di Kota Payakumbuh. Tak hanya melintas saja, pebalap internasional tersebut menjadikan Payakumbuh sebagai lokas.
  • Selasa, 05 November 2019 - 10:55:43 WIB

    Etape IV TdS 2019, Delapan Pebalap Absen dan Dua Diskualifikasi

    Etape IV TdS 2019, Delapan Pebalap Absen dan Dua Diskualifikasi DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Etape IV Tour de Singkarak (TdS) 2019 mengambil rute Kabupaten Dharmasraya-Kota Sawahunto. Etape yang dimulai pada Selasa (5/11) ini menyisakan 86 pebalap..
  • Senin, 04 November 2019 - 10:27:00 WIB

    Ini Keindahan Alam Etape 3 TdS yang Sejukkan Mata

    Ini Keindahan Alam Etape 3 TdS yang Sejukkan Mata LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 94 pebalap yang tersisa, bakal menjajal lintasan sepanjang 129.9 kilometer pada etape ketiga iven sport tourism Tour de Singkarak (TdS) yang ke-11, Senin (4/11)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]