Masyarakat Tak Boleh Bakar Sampah


Senin, 08 Agustus 2016 - 03:27:53 WIB
Masyarakat Tak Boleh Bakar Sampah Sekretaris Daerah Padang Panjang Edwar Juliartha

PADANG PANJANG, HALUAN — Untuk menjaga kebersihan dan kesterilan udara di Kota Padang Panjang, pemerintah kota (Pemko) setempat melarang masyarakat di daerah berjuluk Serambi Mekah itu untuk membakar sampah di lingkungan permukiman, sekolah, perkantoran, lahan pertanian maupun lokasi lainnya.

Sekretaris Daerah Padang Panjang Edwar Juliartha mengatakan, pelarangan mem­bakar sampah tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah. Dalam keten­tuan­nya, setiap orang dilarang mem­bakar sampah yang ti­dak sesuai dengan persya­ratan teknis pe­ngelolaan sam­pah.

“Untuk Pa­dang Panjang pe­langgaran terha­dap pela­rangan tersebut, sesuai de­ngan pasal 59 ayat 1 Pera­turan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2013, tentang pe­nge­lolaan sampah ru­mah tangga dan sampah sejenis akan dikenakan sanksi pidana be­rupa kurungan pa­ling lama tiga bulan dan denda paling banyak Rp 5 juta,” terang Edwar Juliarta.

Pada saat proses pem­bakaran sampah, lanjut Ed­war, akan menghasilkan gas karbon monoksida (CO) dan Hydrokarbon yang dapat merusak atmosfer serta Ben­zopirena yang tergolong se­nya­wa berbahaya penyebab kanker dengan kadar men­capai 350 kali besar dari asap rokok.

“Pembakaran sampah yang dilakukan masyarakat di lingkungan pemukiman da­pat menurunkan kualitas udara, serta juga dapat m­e­nimbulkan gangguan kese­hatan.

Agar terhindar dari bahaya kesehatan, pence­maran lingkungan serta sank­si hukum tersebut, kita meng­imbau masyarakat untuk bisa mengolah sampah yang ra­mah lingkungan. Sampah yang dihasilkan dapat dike­lola dengan cara membuat kompos dari sampah organik atau menabung sampah anor­ganik di bank sampah yang ada di Padang Panjang,” ujar Sekda yang gampang senyum itu.

Sementara, Ketua Karang Taruna Pemuda Pemudi Ber­k­arya Silaing Bawah (Pepbsi) Robi Delvian sangat men­dukung pihak Pemerintah Kota (Pemko) Padang Pan­jang yang mengimbau masya­rakat untuk tidak membakar sampah tersebut.

Karena menurutnya, im­bauan itu sangat besar pe­ngaruhnya terhadap keber­sihan udara serta kesehatan masyarakat. (h/mg-pis)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]