KEBUTUHAN POKOK BERGERAK NAIK

Harga Cabai Merah Makin Pedas


Senin, 08 Agustus 2016 - 03:59:09 WIB
Harga Cabai Merah Makin Pedas Ilustrasi.

PAYAKUMBUH, HALUAN—Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Ibuh Payakumbuh, mulai merangkak naik. Kenaikan harga yang pa­ling mencolok terjadi pada komoditas cabai merah keri­ting. Harga komoditas itu pekan lalu di pasar Ibuh mencapai Rp30 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp38 ribu per kg.

Pantauan Haluan di pasar Ibuh, Minggu (7/8) me­nun­jukkan, walau harga cabai naik, harga bawang merah lokal malah turun. Pekan lalu masih Rp36 ribu per kg, sekarang turun menjadi Rp30 ribu per kg. Sedangkan ba­wang impor pekan lalu Rp18 ribu per kg, sekarang naik menjadi Rp20 ribu per kg.

Harga kentang naik tipis dari Rp14.000 jadi Rp16 ribu. Begitu juga harga da­ging ayam broiler Rp25 ribu per kg. Sementara harga daging sapi di pasar Ibuh sudah normal, Rp110 ribu per kg pada Minggu kemarin.

“Kita menyambut baik harga daging yang sudah nolmal lagi,” ungkap Nurma, ungkap warga yang ber­belan­ja di pasar Ibuh, kemarin.

Namun yang bikin pusing itu adalah, harga cabai yang melambung tinggi lagi setelah sebelumnya bertahan pada Rp30 ribu pekan lalu. Kini harga cabai naik drastis men­capai Rp38 ribu per kg.

“Kalau membeli cabai seperempat kg saja, pedagang menjualnya dengan harga Rp10 ribu,” ujar Nurma.

Beberapa pedagang pen­jual cabai mengakui, harga cabai memang naik terus. Jika sehari sebelumnya harga cabai merah keriting masih dijual Rp36 ribu per kg, saat ini Rp38 ribu. Walau begitu para pedagang tidak kekurangan pasokan cabai.

“Sudah dari pedagang besar harga cabai itu naik,” ujar seorang pedagang yang tak mau ditulis identitasnya.

Dikatakan, kenaikan har­ga cabai merah keriting ini sudah terjadi sejak dari ting­kat pedagang besar. Karena itu pedagang pengecer ter­paksa ikut pula menaikkan harga tersebut.

“Transaksi cabai agak sepi sejak harga cabai naik ini, terjadi penurunan daya beli masyarakat,” jelasnya.

Begitu pula beberapa kebutuhan dapur lainnya, juga naik meski tipis. Seperti kentang Rp16.000 per kg, sebelumnya Rp14.000 per kg, telur ayam yang biasanya hanya Rp1.200 per butir menjadi Rp1.400/butir, kol dari Rp4.000 per kg menjadi Rp6.000 per kg.

Sementara harga beras masih stabil. Beras kualitas I Rp12.500 per kg, beras ku­alitas II Rp12.000 per kg, daging ayam Rp25.000 per kg, ikan air tawar mas rayo dan ikan jenis nila masing-masing Rp30.000 per kg. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 September 2020 - 11:13:48 WIB

    Buruan ke Pegadaian! Harga Emas Banyak yang Turun Hari Ini

    Buruan ke Pegadaian! Harga Emas Banyak yang Turun Hari Ini HARIANHALUAN.COM - Harga emas batangan yang dijual di Pegadaian hari ini, Jumat (18/9/2020) bervariasi, ada yang naik ada yang turun. Melansir data dari situs resmi Pegadaian, harga emas Antam standar stagnan di semua satuan.
  • Rabu, 16 September 2020 - 23:40:36 WIB

    Mandiri Syariah Raih Penghargaan Market Leadership Award dari Global Islamic Finance

    Mandiri Syariah Raih Penghargaan Market Leadership Award dari Global Islamic Finance HARIANHALUAN.COM — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) kembali memperoleh pengakuan internasional melalui penghargaan Market Leadership Award 2020. Penghargaan kategori Developing Islamic Banking in Indonesia ini dite.
  • Rabu, 16 September 2020 - 19:44:20 WIB

    Hore! Harga Pertalite di Sumatera Bakal Turun Jadi Rp 6.450

    Hore! Harga Pertalite di Sumatera Bakal Turun Jadi Rp 6.450 HARIANHALUAN.COM - CEO Commercial & Trading Subholding Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, PT Pertamina (Persero) berencana memperluas promo Pertalite hingga Sumatera. Promo ini menyasar pada wilayah yang penggunaan bahan bak.
  • Selasa, 15 September 2020 - 13:07:27 WIB

    Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah

    Gaji Pegawai Terus Naik, Begitu Juga dengan Harga Rumah HARIANHALUAN.COM - Keberadaan tempat tinggal atau hunian sejatinya merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus tercukupi. Namun harga properti yang cukup mahal dan terus naik dari tahun ke tahun, menyulitkan beberapa kala.
  • Jumat, 11 September 2020 - 13:36:43 WIB

    Harga Emas di Pasar Global Terus Menanjak

    Harga Emas di Pasar Global Terus Menanjak HARIANHALUAN.COM-Harga emas di pasar global  menguat untuk hari ketiga berturut-turut pada akhir perdagangan Kamis atau Jumat pagi (11/9/2020) WIB. .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]