PROGRAM SISWA MENGENAL NUSANTARA

21 Pelajar Dilepas ke Papua Barat


Senin, 08 Agustus 2016 - 03:59:30 WIB

PADANG. HALUAN — Se­banyak 21 siswa SMA yang terpilih dari berbagai seleksi Siswa Mengenal Nusantara dari Sumatera Barat, akhirnya dil­e­pas ke Papua Barat, Sabtu (5/7) oleh empat BUMN ternama di Sumbar. Selama 9 hari, para siswa akan dikenalkan dengan budaya, sosial, ekonomi dan pariwisata Papua Barat.

“Rombongan dari Sumbar berjumlah 24 orang. Mereka akan didampingi 3 guru pen­damping. Program Siswa Me­ngenal Nusantara ini tidak lain untuk mendekatkan yang jauh dan saling mengenal satu dae­rah dengan daerah lain,” kata Direktur IV Bidang Keuangan PT Pegadaian, Dwi Agus Pra­mudya kepada wartawan di Hotel Inna Muara.

Dikatakannya, para siswa yang berangkat ke Papua Barat ini adalah mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu, namun memiliki nilai dan prestasi yang sangat baik. Inilah kriteria yang difokuskan karena disaat mereka pulang nanti, tugas mereka adalah mem­be­rikan informasi ke khalayak luas apa yang telah dipelajari selama di Papua Barat.

Para siswa tersebut adalah Feri Gaterino (SLB Wacana Asih), Lily Fitri (SMALB 2 Padang), Rayi Larasati (SMAN 2 Padang), Fazri Muhammad (SMAN 1 Padang), Fadel Mu­hammad (SMAN 5 Pariaman), Yovi Oktavia (SMAN 1 Solok), Afif Adi (SMAN 1 Bukittinggi), Lisa Sania Rahmi (SMAN 2 Payakumbuh), Genta Rahmad Putra (SMAN 3 Sawahlunto).

Selain itu Amelia Rizkha Putri (SMAN 1 Koto Kampung Dalam), Ryandi Nugraha (SMAN 2 Sumatera Barat), Fasya Mif­tah Akbar (SMAN 3 Ba­tusangkar), Muh. Ade Rizandi (SMAN 1 Kecamatan Guguak) serta Niju Faiza (SMAN 1 Painan).

Tujuh siswa lainnya adalah Delpita Putri (SMA Agam Cen­dikia), Annesi Putri Aprilia (SMAN 8 Sijunjung), Farhan Hadyan Halim (SMAN 1 Rao), Zakiatur Rohmi (SMAN 1 Koto Balingko), Sunia Rahmah (SMAN 1 Pulau Punjung), Wi­dya Nestika (SMAN 1 Solok Selatan), dan Regina (SMAN 2 Sipora).

Ada yang berangkat, ada pula yang tiba. Dalam program yang sama, juga akan di­dat­ang­kan sebanyak 20 siswa SMA sederajat dari Papua Barat ke Sumbar.

Sementara empat BUMN yang menyelenggarakan ke­giatan itu adalah PT Pegadaian, PT Semen Padang, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dan PT Hotel Indonesia Natour. Untuk kegiatan 2016, kegiatan itu dikoordinasikan oleh Pega­daian.

Kepala Dinas Pemuda Olah­raga Sumbar Priadi Syukur mengatakan, Pemprov Sumbar mengapresiasi program yang digelar empat BUMN itu.

Program Siswa Mengenal Nusantara adalah program ta­hunan yang digelar BUMN sejak 2015. Pada 2015, siswa Sumbar diberangkatkan ke Palu, Sulawesi Tengah. (h/mg-ang)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]