Museum Gelar Pameran Kerajaan


Senin, 08 Agustus 2016 - 04:16:49 WIB
Museum Gelar Pameran Kerajaan Kepala Museum Sumbar Noviyanti MM.

PADANG, HALUAN — Mu­seum Adityawarman Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar pameran temporer, Selasa (9/8) dengan memamerkan kerajaan-kerajaan yang berada di Sumbar. Pameran tersebut juga akan menyuguhkan beragam rang­kaian acara mulai dari pertun­jukan atraksi budaya, diskusi dengan pakar-pakar sejarah.

Kepala Museum Sumbar Noviyanti MM kepada sejumlah wartawan, Jumat (5/8) me­nyam­paikan bahwa pameran kerajaan akan digelar selama satu tahun dengan mengundang sekolah-sekolah yang berada di Sumbar. Tujuannya, untuk edukasi bahwa di Sumbar kaya akan khasanah adat budaya Minangkabau yang harus dipelajari.

“Kegiatan pameran kerajaan-kerajaan Minangkabau dalam lintas zaman yang akan me­mamerkan setidaknya sekitar 10 kerajaan yang ada di Sumbar. Kemudian, kita juga me­ngun­dang sekitar empat sekolah setiap harinya yang bertujuan untuk edukasi bahwa di mi­nang­kabau kaya akan adat budaya dan sejarah yang patut untuk di­pelajari,” ujar Novi.

Lebih jelas, pameran kerajaan tersebut datang dari kerajaan Pagaruyung Batusangkar, Dar­masraya, Solok Selatan, Indopuro, Pasaman dan beberapa daerah lain yang memiliki raja. Pameran juga menyuguhkan silsilah, ranji, naskah dan suguhan edukasi lainnya.

“Pada pembukaan pameran kerajaan tersebut kita juga akan menyuguhkan atraksi budaya dari sanggar sekolah Semen Padang dan juga diskusi sejarah dengan nara sumber dari pakar sejarah. Semua pertunjukan akan kita gelar di museum ini tanpa pu­ngutan biaya,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam pameran juga akan berpartisipasi kerajaan Denmark. Museum kebangkitan nasional juga ikut meramaikan iven ini serta pameran keliling. “Museum mampu menjadi mag­net baik di lembaga, instansil ain dengan punya program-program edukasi yang sangat bermanfaat bagi semua kalangan khususnya pelajar,” pungkas Novi. (h/win)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 13:20:05 WIB

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengelola Museum Alat Music Indonesia dan Dunia, Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Pa.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 13:46:10 WIB

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kunjungan ke objek wisata museum Adityawarman saat liburan mengalami peurunan hingga 50 persen dibanding lebaran tahun lalu. Padahal, selama libur lebaran, pengelola sama sekali tidak menaikkan tari.
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 18:45:55 WIB

    Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang

    Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional tahun 2018 mendatang di Kota Padang. Museum Adityawarman akan membuat museum jurnalistik dengan anggaran sekitar Rp5 Miliar..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 01:14:16 WIB

    PAD Museum Tercapai Rp118 Juta

    PADANG, HALUAN — Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Museum Aditya­war­man lima tahun terakhir terus menun­jukkan peningkatan yang sig­nifikan. Pada tahun 2016, PAD Museum Aditya­warman mencapai Rp118.­331 dengan target Rp.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:33:21 WIB

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya PADANG, HALUAN — Pengelola Museum Adityawarman kembali menggelar atraksi budaya. Sebelumnya atraksi budaya yang ke tujuh sudah digelar pada Minggu (25/9)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]