KELOMPOK BUDIDAYA PERIKANAN

Berharap Pasar Benih Ikan Permanen


Senin, 08 Agustus 2016 - 11:52:11 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN—Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh terkenal dengan produksi benih ikan. Per­mintaan benih ikan ber­da­tangan dari berbagai pihak, termasuk dari provinsi tetang­ga Riau. Tapi hingga saat ini, pasar benih ikan permanen belum tersedia di pasar tra­disional Ibuh, Payakumbuh.

Pasar Ibuh diyakini se­bagai pasar terbesar dan terlengkap di Luak Limo­puluah, memiliki berbagai fasilitas, mulai dari kios, pertokoan, los yang rep­resentatif dan kawasan pe­dagang kreatif lapangan (PK­L), pasar penampungan dan dilengkapi dengan terminal angpedes (angkutan pe­de­saan).

Namun lokasi pemasaran benih ikan produksi ma­syarakat di Pasar Ibuh, yang digelar setiap hari Minggu, belum tersedia ecara per­manen. Ratusan pedagang benih ikan hanya disediakan tempat sementara di Pasar Ibuh Barat, dekat pinggiran Batang Agam.

Ketua Kelompok Ikan Buyau Saiyo, Tujuh Koto Talago, Kecamatan Guguk, Edlen Syakawi ketika dihu­bungi Minggu kemarin, me­minta agar Pemko menye­diakan lokasi penjualan benih ikan di Pasar Ibuh. Pasalnya, pedagang benih ikan itu kebanyakan berasal dari ber­bagai nagari di Limapuluh Kota. Mereka memasarkan ikan kelompok tani yang dipanen setiap minggu.

“Dengan adanya pasar benih ikan yang permanen di Pasar Ibuh, maka kami tidak akan khawatir kehilangan tempat berusaha jika Pemko Payakumbuh memerlukan lahan tersebut untuk pengem­bangan Pasar Ibuh,” katanya.

Para pedagang benih ikan itu berasal dari Mungo, An­daleh di Kecamatan Luak, Kecamatan Harau, Keca­matan Lareh Sago Halaban dan Payakumbuh sendiri.

“Sudah seharusnya Pem­ko Payakumbuh mencarikan solusinya dari sekarang,” tambah Edlen.

Hal senada juga diung­kapkan Pemerhati Ekonomi Payakumbuh, Febriansyah yang dihubungi terpisah. Kalau memungkinkan, diha­rapkan Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota secara bersama membangun pasar benih ikan yang per­manen di Pasar Ibuh.

“Jika ada pasar perma­nen, tentu pedagang benih ikan yang mayoritas dari Limapuluh Kota itu, bisa tenang berjualan dan me­ngembangkan usahanya,” kata Febriansyah.

Ia menilai, pasar tradi­sional Ibuh sangat potensial dalam pemasaran benih ikan. Selain pasarnya ramai pe­ngunjung, juga mudah dijang­kau dari segala arah, hu­bungan transportasi sudah memadai di banding pasar tradisional yang ada di Ka­bupaten Limapuluh Kota, sebagian fasilitas pasar ter­sebut belum memadai.

Kepala Dinas Koparsi, UKM, Industri dan Per­daga­ngan Payakumbuh, Dahler yang dikonfirmasi kemarin, mengakui penempatan para pedagang benih ikan di Ibuh Barat, hanya untuk se­men­tara.

“Nanti setelah di bangun jalan dari jembatan Ibuh II, lokasi berjualan mereka akan digeser ke pinggiran Batang Agam. Bisa saja lokasi ter­sebut akan dijadikan tem­pat permanen bagi pedagang benih ikan,” ujarnya. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]