MUNAS IALI V

Atasi Udara Panas dengan Menambah Pepohonan


Senin, 08 Agustus 2016 - 11:58:55 WIB

PADANG, HALUAN — Un­tuk pertama kalinya, Ikatan Arsitektur Lansekap In­do­nesia (IALI) menggelar Mu­syawarah Nasional (Mu­nas) di luar Pulau Jawa, tepatnya di Kota Padang. Selama dua hari, Sabtu (6/8) dan Minggu (7/8), para perencana ruang terbuka itu berkumpul di Padang guna memilih ke­pe­ngu­rusan periode 2016-2019.

Dalam pemilihan yang berlangsung demokratis, Dr. Ir. Siti Nurisjah, MSLA IALI terpilih sebagai Ketua IALI Nasional untuk kedua ka­linya. Sedangkan jabatan se­kretaris umum dan ben­da­hara, akan ditentukan ke­mu­dian.

Walikota Padang Mah­yeldi dalam sambutannya saat pembukaan Munas me­nye­butkan, pihaknya sangat mengapresiasi adanya IALI di Sumbar. Sejalan dengan upaya Pemko membenahi Kota Padang dari berbagai bidang, maka sumbang saran dari IALI sangat di­butuhkan.

Pihaknya siap menerima kritikan. Karena Kota Pa­dang masih jauh dari sem­purna. Kritikan dan saran yang disampaikan IALI ten­tu demi kebaikan dan dalam rangka berkontribusi bagi pembangunan daerah.

“Kami siap dikritik dan berharap masukan dari para ahli lansekap, apa yang perlu dilengkapi dan diperbaiki. Mari kita sama-sama mem­bangun Kota Padang,” ujar Mahyeldi.

Di sela-sela kegiatan, peserta Munas yang berasal dari 16 pengurus IALI pro­vinsi di tanah air, itu ber­kesempatan berkeliling Kota Padang. Sesuai per­mintaan walikota, berbagai masukan dan saran pun mereka sam­paikan untuk penataan ruang publik Kota Padang yang lebih baik.

Menurut Ketua Umum Pengurus Nasional IALI, Siti Nurisjah, IALI adalah wadah bagi arsitek lansekap yang menangani peren­ca­naan pe­manfaatan ruang terbuka terutama ruang pu­blik, se­perti ruang terbuka hijau (RTH), ruang terbuka biru dan jalan atau perparkiran.

Karena itu, keberadaan IALI sangat dibutuhkan da­lam perencanaan ruang publik sebuah kota. Hal itu sudah dilakukan sejumlah pengurus provinsi dengan menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah setempat.

“Setiap pembangunan sebuah kota, mestinya me­miliki arsitek lansekap yang akan memberikan saran ten­tang aspek luar ruang,” ka­tanya.

Khusus untuk Kota Pa­dang, lanjut Siti, ada beberapa item yang perlu jadi perhatian Pemko. Seperti udara kota yang cukup panas, bisa ditu­runkan dengan menambah jumlah pepohonan (peng­hijauan). Space untuk itu masih cukup banyak.

Selain itu, juga me­la­kukan analisis iklim sup­aya angin leluasa berhembus dengan memperbanyak kori­dor angin dari laut ke da­ratan. Sekarang distribusi angin itu banyak terhambat, ka­rena pem­ba­ngu­nan ka­dang memunggungi gu­nung dan pantai. Terakhir, RTH harus merata di setiap sudut kota.

“Khusus abrasi pantai, bisa diatasi dengan menanam pepohonan dan tanaman meambat yang akarnya bisa mengikat pasir,” katanya.

Selain masukan dan sa­ran, IALI juga mengapresiasi Pemko Padang yang sangat peduli dengan penyandang disabilitas. Sejumlah fasilitas publik sudah mengakomodir  keberadaan mereka. (h/vie)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]