Hari Ini, Kloter l Masuk Asrama Haji


Senin, 08 Agustus 2016 - 11:59:40 WIB

PADANG, HALUAN — As­rama Haji, Tabing, Padang siap menerima Kloter l dari Kota Padang. Jumlahnya sebanyak 450 Calon Jemaah Haji (CJH) dan 5 orang petugas. Persiapan tempat penginapan CJH di Asrama Haji sebelum berangkat ke tanah suci, juga sudah 100 persen bisa ditempati.

Hal ini disampaikan Ke­pala UPT Asrama Haji Pa­dang, Ali Arman kepada Haluan, Sabtu (7/8). Ia men­jelas­kan, sebanyak 461 tem­pat tidur sudah di­per­siap­kan untuk CJH yang datang.

“Hari ini Kloter I se­banyak 450 orang masuk asrama. Mereka akan is­tirahat lalu melakukan pe­meriksaan dokumentasi, ser­ta pemeriksaan kese­hatan,” terangnya.

Selanjutnya ia me­nya­takan, petugas kesehatan juga sudah berada di Asrama Haji khusus untuk me­me­riksa CJH. Selain pe­me­riksan kesehatan, mereka juga men­dapat gelang kesehatan se­suai tingkat kesehatan CJH.

“Semua berjalan lancar, untuk fasilitas seperti pen­dingin ruangan sudah leng­kap. Petugas keamanan yang menjaga di em­barkasi juga sudah standby. Kami sudah mengadakan rapat koor­dinasi antar semua ins­tansi yang terlibat,” ung­kapnya.

CJH Kloter I mulai ma­suk besok (hari ini, red) sekitar jam 10.00 WIB, dan be­rangkat ke tanah suci Selasa (9/8), dengan Garuda dari Bandara Internasional Mi­nang­kabau (BIM).

Kepala Kantor Ke­men­terian Agama Kota Padang, Japeri menjelaskan, CJH Kota Padang tercatat se­banyak 950 dan termasuk pen­damping. Sedangkan untuk Sumbar sebanyak 3.599 jemaah. Sebanyak 100 orang CJH merupakan Apa­ratur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Pemko Padang.

Sementara Kepala Kan­wil Kemenag Sumbar, Sal­man K Memed menjelaskan, pe­matangan kesiapan lain­nya yang dilakukan Ke­menag adalah membenahai asrama haji di antaranya memperbaiki tolilet, tempat tidur dan saluran air.

“Jadi ketika berada di asrama, para jemaah harus merasa nyaman. Ini sudah menjadi tanggung jawab kami,” ungkapnya.

Sementara dari sisi pe­ngadaan makanan atau ca­tering untuk jemaah, dila­kukan oleh pihak ketiga dan berjalan sesuai proses.  Sal­man menambahkan, tahun ini Embarkasi Padang melayani 11 kloter, tiga klo­ter di­an­taranya merupakan CJH asal Bengkulu yang jum­lahnya 1.292 jemaah. (h/rvo)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]