Gubernur Diminta Tak Akomodir KNPI Tandingan


Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:16:59 WIB

BATAM, HALUAN —  De­wan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) dan Majelis Belia Malaysia (MBM) me­ng­gelar pertemuan di Batam, Kepulauan Riau, pada pada 5-7 Agustus 2016.

Pada pertemuan itu, dele­gasi pemuda Indonesia yang hadir terdiri dari pengurus DPP KNPI, Ketua DPD KNPI se–Indonesia dan OKP ting­kat nasional, yang dipimpin Sekjen DPP KNPI, Sirajuddin Abdul Wahab. Sementara delegasi pemuda Malaysia yang ber­jumlah 24 orang dipimpin oleh Setiausaha Agung/Sekretaris Jenderal MBM, Ahmad Sa­parudin Yusup.

Ketua Steering Committe Dialog Pemuda Malindo, yang juga Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Luar Ne­geri, Doni Harsiva Yandra mengatakan, pada pertemuan ini meng­hasilkan kesepaka­tan yang disebut dengan “Kese­pa­katan Pemuda Malindo 2016”. Salah satu kesepata­kan itu, adalah mem­per­juang­kan bahasa men­jadi bahasa internasional resmi ke-7 di dunia.

Kemudian poin ke­se­pakat­an yang dibangun, di antaranya mencegah pe­nya­lah­­gunaan narkotika dan psikotropika, mencegah mun­cul dan berkembangnya te­ro­ris­me dan radikalisme khu­susnya di kalangan pemuda.

“Poin lainnya, melak­sana­kan kerja sama di bidang ekonomi dan enter­preneur­ship di kalangan pemuda, mem­perl­uas kerja sama ke­pe­mudaan pada tingkat pro­vinsi/negeri dalam mem­bangun sinergi dan partisipasi luas dikalangan pemuda,” kata Doni.

Pemuda Malaysia, Se­tia­usaha Agung dan Ahmad Saparuddin Yusup sangat mengapresiasi dengan adanya dialog Malindo yang digagas oleh DPP KNPI. “Pertemuan akan semakin memperkokoh hubungan kepemudaan di kedua negara. Dengan adanya kesepakatan bersama, akan menjadi acuan kerangka kerja bersama, sehingga hubungan tidak lagi terbatas pada hu­bungan silaturrahim yang memang telah lama terjalin, namun sudah bergerak men­jadi hubungan kerja dalam membangun dunia ke­pemu­daan kedua negara,” harapnya.

Sementara Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Ri­fai Darus menyatakan, dialog malindo ini sebagai langkah maju dalam membangun hu­bungan kepemudaan di kedua negara. Ia menegaskan, kegia­tan pemuda malindo ini akan menjadi agenda tetap bersama antar pemuda kedua negara.

Sedangkan Ketua DPD KNPI Sumbar, Defika Yu­fiandra yang hadir dalam per­temuan itu menga­takan, dalam kegiatan tersebut para ketua DPD KNPI dan DPP KNPI juga sepakat meminta para gu­bernur se-Indonesia untuk tidak menga­komodir KNPI tandingan di daerah-daerah.

Khusus di Sumbar, pihak­nya sudah melayangkan surat terbuka kepada Gubernur Irwan Prayitno, meminta pemprov tidak memfasilitasi dan mem­berikan dukungan kepada pi­hak-pihak yang menga­tas­nama­kan penerima mandat/karetaker dari salah satu DPP KNPI versi Kong­res Luar Biasa, karena hal demikian hanya memecah belah persatuan pemuda di Ranah Minang ini. “Surat tersebut sudah kami kirim ke gubernur pada Jumat lalu,” ungkapnya. (h/isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 18 November 2016 - 00:07:50 WIB

    Gubernur Imbau Polisi Berikan Rasa Aman ke Masyarakat

    TANJUNGPINANG, HA­LUAN — Guber­nur Kepri, Nur­din Basirun mengimbau agar armada kepolisian dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh ma­syarakat di Provinsi Kepri..
  • Senin, 26 September 2016 - 01:32:38 WIB

    Gubernur Kepri Tolak Penambahan SKPD

    Gubernur Kepri Tolak Penambahan SKPD TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menolak penambahan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) baru dengan alasan defisit anggaran..
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:44:59 WIB

    Kepri Masih Tanpa Wagub, Gubernur Dikhawatirkan Kewalahan

    Kepri Masih Tanpa Wagub, Gubernur Dikhawatirkan Kewalahan BATAM, HALUAN — Politisi senior Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Kepri, Amir Hakim mengatakan bahwa pengisian posisi Wakil Gubernur (Wagub) Kepri sifatnya mendesak, demi keberlanjutan roda pemerintahan. Alasan ya.
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 05:48:05 WIB

    Gubernur Fokus Benahi Pariwisata

    Gubernur Fokus Benahi Pariwisata Pekanbaru, Haluan — Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mem­fokuskan pembenahan infrastruktur di daerah potensi wisata dan perbaikan dilakukan sejalan dengan promosi yang sedang gencar dilakukan di bumi melayu tersebut..
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 03:29:37 WIB

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

    Gubernur Kepri: Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat TANJUNGPINANG, HALUAN — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun siap bekerja keras untuk mewujudkan kesejah­teraan masyarakat Kepri. Nur­din juga akan terus men­dekat­kan diri dengan rakyat, men­jem­put masalah dan meng­uraik.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]