KSB Koto Baru Diberi Pelatihan Kebencanaan


Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:20:27 WIB

AROSUKA, HALUAN — Keberadaan Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di Nagari diharapkan menjadi perpan­jangan tangan pemerintah nagari dalam membantu masyarakat dalam menghadapi bencana. Tersebab itu, Pemerintah Nagari Koto Baru Kec. Kubung Kab. Solok meng­gelar pelatihan dan pengenalan tentang tugas dan fungsi KSB di tengah masya­rakat, di Aula Kantor Wali Nagari Koto Baru, Minggu (7/8).

Kegiatan yang diikuti oleh pengurus KSB yang berasal dari 8 jorong yang ada di nagari itu dihadiri oleh Bupati Solok yang diwakili oleh Kabid PA BPBD Kab. Solok Ir. Erimon, Sekretaris Dissosnakertrans Fauzi Basir, PMI Kab. Solok Wali Nagari Koto Baru Afrizal Khaidir,  ketua-ketua lembaga Nagari dan para mahasiswa KKN PPM Universitas Bung Hatta Padang. Sementara sebagai narasumber dalam pelatihan itu adalah Prof.Dr Nafrizal Carlo dari UBH, Dirut RSUD Arosuka dr. Inyoman Ardhana Putra, dan Ir. Erimon dari BPBD Kab. Solok.

Panitia pelaksana Mardaus menye­butkan, KSB nagari Koto Baru sebenarnya telah dibentuk dan di SKkan tahun 2014 silam. Namun belum sempat dikukuhkan. Keberadaannya untuk membantu pe­merintah dalam mendorong kesiap siagaan masyarakat dalam menghadapi bencana. “Makanya selain dilatih tentang tugas dan fungsi KSB dalam kesiapsiagaan meng­hadapi bencana, kita juga gelar pengu­kuhan KSB itu sendiri,” kata Mardaus.

Sementara itu Ir. Erimon dalam ka­pasitasnya mewakili Bupati Solok menya­butkan Dengan adanya KSB ini, banyak sebetulnya tugas pemerintah nagari yang terbantu, kalau tugas dan fungsinya bisa dipahami. Lantaran itu, sebagai pekerja sosial, juga dituntut keikhlasan dan rasa tanggungjawab tinggi dalam menjalankan tugas tersebut. “Kita juga mengapresiasi nagari Koto Baru sebagai yang pertama menggelar pelatihan bagi KSB-nya,” pung­kas Erimon. (h/ndi)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juni 2020 - 22:40:40 WIB

    KSB Bersama Masyarakat Goro Bersihkan Material Longsor di Agam

    KSB Bersama Masyarakat Goro Bersihkan Material Longsor di Agam HARIANHALUAN.COM - Kelompok siaga bencana (KSB) Nagari Pagadih bersama masyarakat bergotong royong melakukan pembersihan material longsor akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Agam..
  • Rabu, 23 Maret 2016 - 03:10:50 WIB

    Tiga KSB di Nagari Bakal Diresmikan

    Agam, Haluan — Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Agam bakal meresmikan tiga Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang telah dibentuk pada tiga nagari di tiga kecamatan, Maret ini..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]