TdS Digelar, Jalan di Sawahlunto Mulus


Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:41:10 WIB
TdS Digelar, Jalan di Sawahlunto Mulus JALAN yang biasanya rusak kini menjadi mulus jelang digelarnya iven balap sepeda Tour de Singkarak. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Ada sisi lain yang sangat ditunggu tunggu oleh warga kota Sawahlunto setiap akan digelarnya ivent balap sepeda Tour de Sing­karak (TdS), jika pemerintah menargetkan ivent tahunan itu mampu mendongkrak pariwisata Sumbar, bagi war­ga TdS berarti adanya per­baikan jalan.

“Warga sangat men­du­kung TdS ini, pasalnya setiap dilaksanakan balap sepeda itu jalan yang akan menjadi lintasan para pembalap oto­matis akan diperbaiki, ter­masuk Sawahlunto yang men­jadi salah satu pelak­sananya pos finish etape VI tanggal 11 Agustus nanti,” kata Amin (40) salah seorang warga kepada Haluan.

Jika biasanya jalan na­sional ruas Pasar Baru hingga Sungai Durian kelurahan Durian II Sawahlunto selalu rusak kendati baru diper­baiki, lain halnya jika lomba balap sepeda internasional itu akan digelar segera diperbaiki, sehingga jalan rusak dan berdebu itu pun kembali mulus seperti yang diha­rapkan warga.Dan ini sebut Amin sangat ditunggu oleh warga yang sekian lama me­nunggu perbaikan jalan.

Senada dengan Amin, salah seorang warga lainnya Anas (30) juga menuturkan, bisanya kondisi jalan ter­utama dibeberapa ruas jalan utama itu senantiasa parah dan sulit diperbaiki dengan alasan kewenangan mem­perbaikinya tidak di peme­rintah kota melainkan wewe­nang pemerintah provinsi Sumbar. Dan biasanya jalan jalan yang rusak itu akan diperbaiki sementara dengan cara ditambal sulam, kendati kondisi jalan Negara tersebut akan kembali rusak setelah usai perlombaan namun Ia sangat senang untuk se­men­tara waktu jalanan itu kembali bagus dan mulus.

“Kalau tidak ada TdS tentu jalan tersebut akan lama kembali diperbaiki, kondisi jalan yang hanya ditimbun sangat membahayakan bagi pengendara yang melintas. Syukur juga ada TdS ini jalan bisa menjadi mulus kendati hanya beberapa saat akan kembali rusak,” kata pria yang masih lajang itu.

Anas dan semua warga berharap, jalan di Sawahlunto akan mulus seterusnya baik ada ivent TdS ataupun tidak, karena kondisi jalan yang rusak tentu akan berimbas pada pergerakkan pereko­nomian warga yang tentunya juga berdampak pada kun­jungan wisata kekota ini. (h/mg-rki)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 November 2019 - 16:18:08 WIB

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman memastikan tahun depan kabupaten itu absen dari penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS)..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 17:17:30 WIB

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM --  Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota terus di matangkan. Bupati setempat berharap, alek berkelas internasional itu berjalan aman, lancar dan benar-benar dima.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:05:37 WIB

    Finis Etape VIII TdS 2019 akan Dimeriahkan Tari Anak Balam

    Finis Etape VIII TdS 2019 akan Dimeriahkan Tari Anak Balam PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Tari Anak Balam yang menjadi ritual pengobatan tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, bakal ditampilkan untuk memeriahkan finis pada balapan Internasional Tour de Singkarak (TdS) 2019 Etape VIII.
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 17:28:26 WIB

    Padang Panjang Siapkan 3 Penginapan untuk TdS

    Padang Panjang Siapkan 3 Penginapan untuk TdS PADANG PANJANG, HALUAN — Menyambut perhelatan balap sepeda Internasional bertajuk Tour de Singkarak (TdS), Pemerintah Kota Padang Panjang tengah melakukan beberapa tahapan persiapan. Saat ini, Dinas Pariwisata telah mengang.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:56:46 WIB

    Pebalap TdS Jadi Tamu Kehormatan di Istano Pagaruyung

    Pebalap TdS Jadi Tamu Kehormatan di Istano Pagaruyung BATUSANGKAR, HALUAN — Pebalap TdS 2016 menjadi tamu ke­hor­matan untuk menaiki ruangan dalam Istano Basa Paga­ru­yung, usai finish di komplek objek wisata budaya tersebut, Minggu (7/8)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]