Wako Lepas Kontingen Jamnas Pramuka


Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:43:00 WIB
Wako Lepas Kontingen Jamnas Pramuka Pemasangan Jaket Peserta Jambore Nasional Pramuka. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Kontingen Jambore Nasional X Kwarcab 11 Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto dilepas langsung Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, di lapangan parkir balaikota, Senin (8/8). Kotingen akan melaksanaan kegiatan selama dua pekan, di Cibubur Jakarta.

Kontingen yang diikuti 32 penggalang dari pelajar sekolah dasar dan SLTP, serta 2 peng­galang pramuka berkebutuhan khusus itu, akan berangkat melalui jalan darat, Selasa (9/8).

“Sebelum berangkat, kon­tingen akan kembali dilepas di Kabupaten Dharmasraya oleh Gubernur Sumbar, Irwan Pra­yitno,” ujar Ritu Karianto, Sekretaris Kwarcab 11 Ge­rakan Pramuka Sawahlunto.

Menurut Ritu, khusus un­tuk penggalang berkebutuhan khusus, nantinya akan ber­gabung dalam kontingen pra­muka Provinsi Sumbar. Dalam pelaksanaan jambore nasional itu sendiri, peserta akan me­ngikuti berbagai kegiatan ke­terampilan.

Mulai dari petualangan, seni budaya, wawasan ke­bangsaan, keagamaan, wisata, karnaval, bela negara. Kegi­atan-kegiatan yang dilak­sana­kan memiliki manfaat untuk pengembangan wawasan dan keterampilan peserta.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, ketika melepas kon­tingen mengatakan, ajang pra­muka dapat dijadikan panutan dan tempat untuk menempa diri, peserta yang berangkat tentunya juga telah menjalani perjuangan.

Bagi Ali Yusuf yang pernah mengikuti jambore nasional tahun 1986 itu mengung­kap­kan, pramuka mampu me­nempa kemandirian, mentalitas dan kedisiplinan. Pramuka pun hadir membangun generasi yang mampu menyelesaikan masalah serta mencari solusi.

“Seorang pramuka tidak akan pernah terpengaruh de­ngan lingkungan, tetapi hadir membangun kebersamaan serta memperbaiki kondisi lingku­ngan yang ada,” katanya.

Selain melepas, Walikota Sawahlunto juga menyerahkan bantuan dari hasil bandoncek satuan kerja perangkat daerah, dengan nilai mencapai Rp4,6 juta.

Kontingen Jambore Nasi­onal X Kwarcab 11 Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto, juga akan didampingi pembina, pimpinan kontingen, media, dan perlengkapan. (h/dil)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]