BNN Serius Usut ‘Kicauan’ Freddy


Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:48:03 WIB
BNN Serius Usut ‘Kicauan’ Freddy KOORDINATOR Kuasa Hukum untuk Haris Azhar, Luhut MP Pangaribuan (kiri), Koordinator KontraS Haris Azhar (tengah) dan anggota Kuasa Hukum Turman M Panggabean (kanan) menunjukkan surat kuasa sebagai bagian dari kuasa hukum Haris Azhar di Jakarta, Senin (8/8). (ANTARA)

JAKARTA, HALUAN — Kepala Badan Nar­kotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengatakan pemanggilan mantan Kepala Lembaga Pe­masyarakatan Nu­sakambangan Liberty Sitinjak adalah wujud keseriusan lembaga ini dalam mengusut “kicauan” terpidana mati yang telah di­eksekusi, Freddy Budiman, lewat Haris Azhar dari Kontras.

“Wujud keseriusan kita atau saya, di BNN untuk me­nindak lanjuti itu. Untuk in­formasi, kan sekarang benar tidaknya informasi nanti ke­terangan Pak Sitinjak,” kata Budi Waseso di Jakarta, Senin.

BNN akan memadukan keterangan Sitinjak dengan registrasi yang ada di lem­baganya terkait penugasan anggota BNN yang saat itu dimungkinkan ada beberapa anggota yang bertugas. “Ini yang sedang kita da­lami. Oleh sebab itu kita butuh keterangan dari Pak Sitinjak. Sekarang ini dia hadir,” kata Budi.

Terkait tulisan Haris ber­judul “Cerita Busuk dari Seo­rang Bandit: Kesaksian ber­temu Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan (2014) yang antara lain menyebutkan duga­an oknum BNN yang meminta Lapas Nusakambangan  me­lepas CCTV di ruang tahanan Freddy, Budi menyatakan BNN tengah membuat BAP.

“Bahwa ada oknum ang­gota yang mengatasnamakan BNN hadir ke sana meminta CCTV-nya dimatikan. Saya tidak mau bicara lisannya, oleh sebab itu sekarang kita sedang buat seperti BAP, keterangan tertulis hitam di atas putih, supaya bisa dipertang­gung­jawabkan. Nanti beliau akan menceritakan itu secara kronologis dari A sampai Z dengan bukti-bukti yang beliau miliki,” kata Budi.

BNN tidak hanya meminta keterangan dari Sitinjak karena ada saksi lain yang sedang didalami BNN. “Supaya nanti semua itu bukan katanya,” kilah Budi Waseso. (h/ans)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Februari 2020 - 09:15:44 WIB

    Masuk Serious Crime, BNN Ajak ASN Perangi Narkoba

    Masuk Serious Crime, BNN Ajak ASN Perangi Narkoba JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Selain kabar bohong atau hoaks dan tindakan korupsi, penyalahgunaan narkotika juga termasuk dalam serious crime. Untuk itu, Badan Narkotika Nasional (BNN), mengajak masyarakat, terutama Aparatur.
  • Jumat, 22 November 2019 - 19:13:26 WIB

    Istana Tolak Wacana Komisi III Bubarkan BNN

    Istana Tolak Wacana Komisi III Bubarkan BNN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menolak wacana pembubaran Badan Narkotika Nasional (BNN) yang disuarakan oleh Komisi III DPR. Indonesia dianggap masih memerlukan peran BNN dalam memberantas narko.
  • Kamis, 21 November 2019 - 20:58:07 WIB

    Masinton Minta BNN Dibubarkan, Ada Apa Ya?

    Masinton Minta BNN Dibubarkan, Ada Apa Ya? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu mempertanyakan peran Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam memberantas narkoba di Indonesia dan meminta agar BNN dibubarkan saja. Kepala BNN Komjen Heru Wi.
  • Sabtu, 22 Juni 2019 - 21:38:26 WIB

    Survei BNN: 2,3 Juta Pelajar Konsumsi Narkoba

    Survei BNN: 2,3 Juta Pelajar Konsumsi Narkoba JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Survei dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan 2,3 juta pelajar atau mahasiswa di Indonesia pernah mengonsumsi narkotika. Angka itu setara.
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 - 05:10:27 WIB
    UNGKAP TESTIMONI FREDDY

    BNN Telusuri Nusakambangan

    BNN Telusuri Nusakambangan CILACAP, HALUAN — Tim Badan Narkotika Na­sional (BNN) berada di Pu­lau Nusa­kambangan, Cila­cap, Jawa Tengah, untuk mencari data dan fakta ter­kait testimoni gembong narkoba Freddy Budiman kepada Koordi­nator KontraS.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]