Wushu Incar Satu Medali Emas di PON


Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:57:27 WIB

PADANG, HALUAN — Satu medali emas menjadi target tim cabang wushu Sumbar yang akan berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Bandung Jawa Barat yang akan digelar pada bulan September mendatang. Untuk mencapai target tersebut para atlet wushu Sumbar berlatih dua kali dalam sehari.

“Kami berlatih di Malibo Anai. Materi latihan di pagi hari adalah fisik dan sore hari lebih banyak ke teknik,”ujar pelatih wushu Sumbar Mas­rian­di, kemarin.

Untuk meningkatkan kua­li­tas dan melihat kemampuan atlet sebelum turun PON, para atlet sudah melakukan uji coba ke Medan, Sumatera Utara pada bulan Agustus lalu. “Mengapa kami memilih Su­ma­tera Utara, karena disana atletnya cukup bagus-ba­gus,” beber pelatih yang memiliki nama lainnya Sandi Korga ini.

Materi latihan dan ujicoba se­lama di Medan tersebut ad­­lah latihan gabungan. Melalui la­tihan tersebut Sandi yang ju­ga mantan petinju tersebut me­ngatakan sudah mendapat gam­baran para atlet Sumbar dan akan melakukan evaluasi.

“Disana kami sudah men­da­pat gambaran atlet kita. Dimana kekurangan dan kele­bihannya. Kalau kekurangan tersebut akan kami perbaiki sebelum turun PON dan mu­dah-mudahan sudah selesai sebelum turun PON nanti,” jelasnya lagi.

Atlet yang diharapkan untuk meraih medali emas pa­da ajang multi iven sekali em­pat tahun tersebut adalah Ran­di Putra. “Namun bukan ber­arti yang lainnya tidak me­miliki kesempatan. Semua­nya memiliki kesempatan un­tuk meraih yang terbaik,” tuturnya.

Untuk peta persaingan sen­di­ri, Sandi mengatakan ada be­be­rapa daerah yang berpe­lu­ang untuk menjadi lawan ter­be­rat Sumbar nantinya. “La­wan yang terberat nantinya tu­an rumah, namun ada juga be­be­rapa da­erah lainnya se­per­ti Su­matera Utara, Jawa Timur dan Kali­mantan Ti­mur,” tutur­nya.

Sejauh ini menurut Sandi tidak ada kendala dalam per­siapan latihan menuju PON. “Dulu sempat ada kendala dalam hal sarana dan prasa­rana latihan. Namun sekarang sudah tidak ada lagi kendala tersebut,”ungkapnya.

Dirinya mengatakan kalau para atlet saat ini sangat serius dan fokus berlatih untuk mem­­persiapkan diri. Hal ini disebabkan karena uang bu­la­nan dari KONI Sumbar lancar. Sum­bar meloloskan empat at­let di cabang wushu yaitu Ran­di Putra, Aldo Rudlf Peru­lian Simamora, Marfans Sapu­tra dan Amanda Jefri. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 11:15:37 WIB

    Tambahan Emas dari Wushu, Indonesia masih di Peringkat Empat SEA Games 2019

    Tambahan Emas dari Wushu, Indonesia masih di Peringkat Empat SEA Games 2019 OLAHRAGA, HARIANHALUAN.COM -- Tim Indonesia berhasil menambah pundi-pundi emas dari ajang SEA Games ke-30 tahun 2019 yang berlangsung di Filipina. Dua emas yang disumbangkan oleh cabang olahraga (Cabor) wushu belum mampu mena.
  • Jumat, 25 November 2016 - 12:40:04 WIB

    Wushu Sawahlunto Persembahkan Tiga Emas

    Wushu Sawahlunto Persembahkan Tiga Emas SAWAHLUNTO, HALUAN--Empat atlet Wushu dari kontingen Kota Sawahlunto yang berlaga di final Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat XIV tahun 2016, berlangsung hari di asrama Haji Tabing kota Padang, Kamis (24/11) ber.
  • Rabu, 23 November 2016 - 00:52:28 WIB

    Wushu dan Angkat Berat Tambah Emas Sawahlunto

    PADANG, HALUAN — Atlet wushu dan angkat berat Sa­wah­lunto berhasil menambah pe­rolehan medali emas Saw­ah­lunto di hari Selasa (22/11). Atlet wushu Rijal Furqaan meraih emas pada nomor chang quan rautine III yang di.
  • Kamis, 15 September 2016 - 10:42:14 WIB

    Dua Atlet Wushu Sawahlunto Perkuat Sumbar di Kejurnas Junior

    Dua Atlet Wushu Sawahlunto Perkuat Sumbar di Kejurnas Junior SAWAHLUNTO, HALUAN-Dua atlet wushu Kota Sawahlunto Piter Samrico dan M. Yusuf akan memperkuat kontingen Sumatera Barat pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) junior di Jambi Oktober 2016 mendatang. .
  • Rabu, 09 Desember 2015 - 02:52:49 WIB
    Porkota Padang

    Wushu Sediakan 32 Medali Emas

    PADANG, HALUAN — Cabang wushu akan memperebutkan 32 medali emas pada ajang Pekan Olahraga Kota (Porkota) Padang, yang akan digelar pada 21-25 Desember mendatang..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]