RAIH EMAS MTQ KE 26 DI MATARAM

Prestasi Ihsan dan Ade Membanggakan


Selasa, 09 Agustus 2016 - 04:04:36 WIB
Prestasi Ihsan dan Ade Membanggakan QARI terbaik MTQ Nasional XXVI, Ihsan Nuzula foto bersama Kabag Kesra Setkab Limapuluh Kota Karespi, S.Ag, M,Pd beserta rombongan di pemondokan kafilah Sumatera Barat di Kota Mataram. (HUMAS)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Putra Ka­bu­paten Limapuluh Kota, Ih­san Nuzula (26), meraih predikat qari terbaik dewasa pria dalam Musabaqah Tila­watil Quran (MTQ) tingkat Nasional XXVI tahun 2016 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Ihsan yang merupakan putra Limapuluh Kota itu, bersama rekannya Ade Setia­wan (34) meraih khaththath terbaik bagi Sumbar.

Prestasi membanggakan itu diumumkan jelang penu­tupan ajang dua tahunan tersebut oleh Menteri Aga­ma, Lukman Hakim Sai­fuddin, Sabtu (6/8) malam. Juara II dan III cabang Tilawah Alquran golongan dewasa ini, disabet H Awa­ludin (Kepulauan Riau) dan Fathulloh (Banten).

Kepala Bagian Kesra Setkab Limapuluh Kota, Karespi, mengaku bangga dengan capaian dua putera terbaik Limapuluh Kota itu yang mampu memper­sem­bahkan yang terbaik bagi Sumatera Barat.

“Kita bangga dan se­nang putera daerah ini mam­pu menjadi yang ter­baik dalam MTQ Nasional XXVI ini,” ujar Karespi.

Dikatakannya, prestasi di bidang tilawah sepertinya bukan hal baru bagi Ihsan Nuzula. Putera Nagari Sima­langgang Kecamatan Paya­kumbuh, ini sebelumnya juga pernah mewakili Su­matera Barat pada MTQ Nasional ke 24 di Ambon dan meraih juara 1 tilawah remaja dan MTQ Nasional ke 25 di Kota Batam.

Tak kalah membang­gakannya, Ihsan juga pernah mewakili Indonesia dalam MTQ Internasional di Ku­wait tahun 2013 dan me­rebut juara harapan 2. Selain itu, ia juga pernah menyabet juara tiga pada MTQ In­ternasional hasil seleksi tilawatil Quran Nasional di Bangka Belitung. Ihsan juga menorehkan prestasi se­bagai juara 3 pada MTQ Internasional tingkat remaja di Malaysia.

“Ihsan sudah belajar membaca Alquran sejak kecil. Bahkan sejak di tar­biyah (setingkat SLTP red), saya sudah ikut lomba. Per­tama kali tampil pada MTQ tingkat Sumbar ketika masih di tarbiyah tahun 2008,” papar Ihsan yang dihubungi terpisah.

Ia mengaku, untuk meng­hadapi MTQ tahun  ini, dia mempersiapkan diri dengan matang. Sebab, di­sadarinya lawan pasti hebat-hebat. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]