PELEBARAN JALAN GUNUNG PANGILUN

Pagar Poltekes dan SDN 17 Dibongkar


Selasa, 09 Agustus 2016 - 04:16:28 WIB

PADANG, HALUAN — Pagar Poltekes Kemenkes RI dan SD Negeri 17 Gunung Pangilun yang berdiri diatas areal lokasi pemetaan Dinas TRTB yang sebenarnya untuk jalan umum, akan segera dibongkar.

Status tanah ini sendiri adalah tanah negara yang telah dibebaskan oleh Pemko Padang.

Informasi yang dihimpun Haluan, lokasi jalan umum ini akan memakan tanah Poltekes Kemenkes RI sepanjang 40 meter dan lebar 7 meter.

Sedangkan Tanah SD Negeri 17 Gunung Pangilun Padang akan termakan sepanjang 50 meter dan lebar 2 meter.

Dipastikan, jika pembangunan berjalan, pagar Poltekes Kemenkes RI akan dibongkar dan digeser ke belakang sejauh 7 meter. Dan pagar SD N 17 yang di samping timur juga bernasib sama dan digeser kebelakang sejauh 2 meter.

Saat Wakil Walikota Padang, Emzalmi meninjau lokasi, ia mendatangkan beberapa SKPD terkait untuk mengurus pembebasan lahan dan pembongkaran pagar SD Negeri 17 Padang dan Kampus Poltekes Kemenkes Padang.

SKPD ini terdiri dari Dinas TRTB, Dinas Pertanahan, Dinas Kesehatan dan Dinas PU Padang. diketahui, jalan ini tanah ini ternyata telah masuk dalam pemetaan dinas TRTB untuk dibangun jalan.

“Tujuan kami membebaskan tanah ini tidak lain untuk kepentingan umum juga. Karena dilokasi ini adalah zona pemetaan dari dinas TRTB untuk dibuat jalan umum.

Jadi, masyarakat yang tinggal di komplek belakang Poltekes Kemenkes RI tidak perlu jauh-jauh memutar jalan,” Kata Emzalmi kepada Haluan, Senin (8/8) saat meninjau lokasi.

Jika nantinya jalan ini terbangun, Emzalmi menegaskan jalan ini sebagai alternative bagi masyarakat sekitar untuk mengurangi dampak banjir. Pasalnya, tanah yang lebarnya dibebas­kan selebar 7 meter ini, dibangun juga drainase di kiri dan kanan jalan dengan lebar masing-masing 1.5 meter. Sedangkan jalan lebarnya hanya 4 meter.

“Jalan yang kami bangun ini juga ada drainasenya nanti di kiri dan kanan masing-masing selebar 1.5 meter. Jadi bisa me­minimali­sir dampak banjir di daerah sini. Lagi pula jalan bisa digunakan masyarakat sebagai jalan alternative dan tidak perlu lagi berputar-putar,” Kata Emzalmi lagi.

Ditambahkannya, ini juga bisa diman­faatkan oleh Kampus Akademi Keperawatan Aisyah untuk akses lalu lalang proses belajar. Karena selama ini mahasiswa dan staf pengajar harus masuk dulu ke lingkungan SD Negeri 17 untuk bisa mencapai kampus.

Terkait respon dari Poltekes Kemenkes RI, Emzalmi mengaku sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait status tanah dan telah mendapatkan izin untuk membongkar pagar dan membangun jalan di tanah ini. (h/mg-ang)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 28 Juli 2016 - 11:08:26 WIB

    Inpres III Dipagar Malam Hari

    PADANG, HALUAN — Pemagaran lahan Inpres III dilakukan Rabu malam (27/7).Kepala Dinas Pasar Pa­dang pada Haluan me­nga­takan ada beberapa kendala yang terjadi di tempat terse­but sehingga harus dilakukan malam hari.“Se.
  • Selasa, 26 Juli 2016 - 05:24:03 WIB
    PEMBANGUNAN DIMULAI

    Besok, Inpres III Dipagar

    PADANG, HALUAN — Besok, Rabu (27/7) Inpres III Pasar Raya Padang akan dipagar sekelilingnya sebagai tanda dimulainya pengerjaan pem­bangunan. Pemagaran dilakukan Di­nas Pekerjaan Umum (PU) Kota Padang bersama peme­gang .
  • Jumat, 27 Mei 2016 - 04:31:02 WIB

    Polisi Diminta Usut Tuntas Pengrusakan Pagar YPBH

    Polisi Diminta Usut Tuntas Pengrusakan Pagar YPBH PADANG HALUAN — Ka­sus dugaan pengrusakan paga Kampus II Air Pacah, Koto Tangah, Padang, pada tanggal 31 Maret lalu, pihak Yayasan Pendidikan Bung Hatta (YPBH) mendesak Polresta Padang segera mem­prosesnya..
  • Senin, 09 Mei 2016 - 05:21:11 WIB

    Pengrusakan Pagar UBH Diproses Polisi

    PADANG, HALUAN — Pe­nyidik Sat Reskrim Polresta Padang menindaklanjuti laporan pengrusakan pagar Kampus II Universitas Bung Hatta di kawasan Air Pacah, Padang. Peristiwa ini sendiri terjadi, 31 Maret 2016 lalu.
  • Kamis, 21 Januari 2016 - 04:23:09 WIB
    Pelebaran Bypass

    Pagar SDN 10 Dipangkas

    PADANG, HALUAN—Pagar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 Balai Baru Padang dipangkas guna kepentingan pelebaran jalur dua Bypass..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]