Siswa Ponpes Al-Kautsar Ikut Porpernas


Selasa, 09 Agustus 2016 - 11:19:02 WIB

LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Enam orang siswa Pondok Pesantren Al-Kautsar Muham­madiyah H. Lukman Harun Sarilamak, Keca­matan Harau, Kabu­paten Limapuluh Kota, memperkuat kontingen Pekan Olahraga Seni dan Pesantren Nasional (Porpenas). Mereka berga­bung dengan 19 anggota kontingen Porpenas Limapuluh Kota lainnya yang berlaga di Padang, mulai Senin (8/8).

Para siswa itu adalah Ilham Kurniawan (tenis meja), lomba pidato Bahasa Arab atas nama Rafi Adrian Efendi, pidato Bahasa Inggris Bayu, kaligrafi Zairil Hamit, Seni Lukis Islam Amnisa dan Hengki Kurniawan dalam cabang sepak takrau.

 “Ilham Kurniawan yang masih duduk di kelas XI itu, selain ke Porpenas juga maju ke tingkat nasional pada lomba hafalan Alquran 10 jus, berhasil meraih bonus dari Menteri Agama Rp2,7 juta,” kata Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Kaudsar, Dafri Harweli.

Dikatakan, Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar Muhammadiyah Islamic Center H. Lukman Harun, telah menghasilkan penghafal Alquran yang handal. Setiap siswa minimal hafal 2 jus sampai 10 jus, disamping menekuni berbagai mata pelajaran lainnya.

Saat ini, MTs dan MA Al-Kautsar memiliki siswa sebanyak 170 orang yang dibimbing 30 orang guru. Mayoritas siswa mondok di asrama yang disediakan pesantren Al-Kautsar dengan membayar Rp600 ribu per bulan dan Rp450 ribu biaya makan. Di kompleks pondok tersebut, juga ada TK dan SD.

“Dalam mengelola MTs dan MA, kami dibantu tiga wakil kepala sekolah bidang kurikulum Dra. Resni Yuliarni, Kabid kesiswaan Yelsi Elfira. SE, serta Kabid Humas dan sarana HM Irdinsyah,” ujar Dafri Har­weli. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]