Sektor Pertanian Agam Terus Digenjot


Selasa, 09 Agustus 2016 - 11:23:56 WIB

AGAM, HALUAN — Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabu­paten Agam akan terus mendorong sektor pertanian dan perkebunan sebagai basis pendapatan daerah, serta mampu mencip­takan peningakatan perekonomian masya­rakat secara langsung.

Anggota Ketua Komisi II DPRD Kabupa­ten Agam, Gusdanur Dt Hitam, Senin(8/8) mengatakan, sektor utama yang mem­berikan kontribusi besar terhadap pem­bangunan daerah Kabupaten Agam adalah pertanian, perkebunan dan lain­nya. Namun, potensi yang ada masih bisa digenjot lagi.

Ia mengaku, untuk terus mendorong sektor tersebut pihaknya juga berdiskusi dengan dinas pertanian provinsi baru-baru ini. Banyak program yang bisa dilaksana­kan di Kabupaten Agam dan bisa ber­mamfaat bagi kesejahteraan. Potensi sumber daya lahan pertanian terbesar adalah lahan sawah dengan luas lahan baku sawah kurang lebih 28,537 ha.

Kemudian lahan untuk pengembangan tanaman jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang tanah, kacang hijau dan kacang kedelai luas lahannya mencapai 7.047 ha. Sementara rencana pengembangan peruntukan bu­di­daya pertanian diarahkan untuk pe­manfaa­tan secara intensif pada lahan yang belum dimanfaatkan dan tersebar pada banyak tempat Kabupaten Agam.

Ia juga berharap dinas pertanian provinsi dan kabupaten, serta aparat TNI untuk terus berkoordinasi dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Kabu­pa­ten Agam.

“Untuk mencapai peningkatan sektor pertanian yang tidak kalah penting adalah keberadaan program penunjang pening­katan produksi pertanian, pengembangan agribisnis dan peningkatan pemasaran hasil produksi, berupa infrastruktur,” kata Gusdanur. (h/yat)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]