ETAPE 8 BUKITTINGGI

Pemko Siapkan City Tour Bagi Pebalap


Selasa, 09 Agustus 2016 - 11:24:59 WIB
Pemko Siapkan City Tour Bagi Pebalap

BUKITTINGGI, HALUAN — Kota Bukittinggi dipercaya sebagai lokasi Star etape 8 pada  penyelenggaraan lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2016,  yang akan berlangsung, Minggu (14/8).

Sebelum star etape 8 berlangsung, Pemko Bukittinggi terlebih dahulu menyiapkan sejumlah kegiatan city tour bagi peserta lomba TdS. Kegiatan city tour yang dilaksanakan ini untuk mengisi kekosongan jadwal TdS, Sabtu (13/8).

“Kekosongan jadwal TdS pada Sabtu mendatang, memberikan keuntungan tersendiri bagi Bukittinggi, karena para peserta TdS akan menginap lebih awal di Bukittinggi,” ujar Wakil Walikota, Irwandi didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bukittinggi, Melfi Abra, Senin (8/8).

Menurut Irwandi, berbagai persiapan telah dilakukan Pemko Bukittinggi untuk mensuk­seskan kegiatan ajang balab sepeda international tersebut. Karena TdS yang digelar merupakan salah satu ajang yang dapat dijadikan sarana, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan promosi wisata Bukittinggi.

Sebagai lokasi star pada etape 8, ia sangat berharap agar pelaksanaannya dapat berlang­sung sukses, sehingga memberi dampak positif bagi masyarakat. “Kita sudah koordinasi dengan seluruh pihak terkait, yang tergabung dalam kepanitiaan untuk dapat bekerja sama dengan sebaik-baiknya dalam mensukseskan TdS pada etape 8 ini,” jelas Irwandi.

Sementara itu, Kepala Disbudpar, Melfi Abra menjelaskan, adapun rangkaian agenda city tour yang dipersiapkan bagi peserta TDS pada Sabtu (13/8), yakni sekitar pukul 14.00 Wib peserta TdS berangkat dari hotel meng­guna­kan bendi yang diiringi talempong menuju kawasan Jam Gadang Bukittinggi.

Di Jam Gadang, mereka disambut ko­monitas sepeda ontel untuk masing-masing negara peserta dan didampingi Bujang Jo Gadih Bukittinggi. Sambil menikmati suasana Jam Gadang, pembalab juga akan ikut bermain musik tradisi gandang tambua dan talempong pacik dengan anak kreatif Bukittinggi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan menuju Taman Panorama dan Lobang Jepang, sekaligus menikmati view Ngarai Sianok. Di sini, pembalab juga disuguhi makanan ringan khas daerah, seperti jagung rebus, pisang kapik, kalamai gegek dan kopi kawa. Setelah itu, dilanjutkan naik bendi mengelilingi Kota Bukittinggi dan balik ke hotel untuk persiapan jamuan makan malam.

Dalam jamuan makan malam, kata Melfi, peserta makan malam bersama atlet dan rombongan yang dihadiri oleh walikota beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta undangan lainnya. Usai jamuan makan malam, rombongan peserta TdS akan menikmati suasana malam di Taman Jam Gadang.

“Untuk star pada etape 8, juga akan dimeriahkan oleh antraksi musik gandang tambua anak nagari. Dalam etape 8 ini akan menempuh rute sepanjang 146 km dengan finis di Padang,” ucap Melfi. (h/tot)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]