Gas LPG 3 Kg Langka di Pasaman


Selasa, 09 Agustus 2016 - 14:52:06 WIB
Gas LPG 3 Kg Langka di Pasaman Ilustrasi gas LPG 3 kg

PASAMAN, HALUAN--Kelangkaan pasokan gas  LPG 3 kilogram kembali melanda Kabupaten Pasaman. Kondisi tersebut pun dikeluhkan para ibu-ibu rumah tangga di daerah ini.

Sementara salah seorang Sub agen elpiji di Lubuk Sikaping, Baron mengaku, kelangkaan ini sudah melanda Pasaman sejak dua pekan terakhir. Kelangkaan, kata dia, hanya terjadi pada pasokan tabung gas 3 kilogram. Sementara pasokan gas 12 kg aman, lancar.

Diakui Baron, pihaknya tidak dapat memastikan penyebab kelangkaan ini. Disinyalir, kelangkaan terjadi karena konsumen yang membludak, sebab pemakai tabung 3 kilogram tidak lagi tepat sasaran. "Kalau kita bicara yang sebenarnya, gas tabung 3 kilo dihadirkan untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Makanya harganyapun relatif lebih murah dibanding gas 12 kilo," ujarnya.

Tapi yang terjadi, kata dia, para pemakai gas 3 kilogram ini pun termasuk orang berekonomi mampu. Ironisnya, para pedagang dan pemilik rumah makan juga ikut memanfaatkan murahnya gas 3 kilogram.
Dijelaskan Baron, untuk  gas elpiji 3 kilogram, pihaknya menjual dengan harga Rp20 ribu. Untuk yang 12 kilo, Rp140 ribu. "Kita kalikan saja, kalau gas 3 kilo dipakai sebanyak empat tabung biayanya Rp80 ribu. Empat tabung 3 kilo setara dengan gas 12 kilo yang harganya Rp140 ribu. Ada selisih harga untung untuk pemakaian tabung gas 3 kilo Rp60 ribu," tegas Baron. Dinilai Baron, wajar saja orang pada memakai gas 3 kilo, sehingga menyebabkan kelangkaan. (h/mg-yud)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]