Pokmaswas Pessel Ikuti Pelatihan Teknis Pengawasan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan


Selasa, 09 Agustus 2016 - 15:09:46 WIB
Pokmaswas Pessel Ikuti Pelatihan Teknis Pengawasan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan Pokmaswas Pessel dapat pelatihan teknis pengawasan sumberdaya perikanan dan kelautan.

PAINAN, HALUAN- Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) di Pesisir Selatan dapat pelatihan peningkatan kapasitas bidang teknis pengawasan sumberdaya perikanan dan kelautan. Hal ini berguna untuk menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan di daerah itu. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pessel Yoski Wandri Selasa (9/8) menyebutkan, kini dua Pokmaswas dari Pessel dikirim ke DKP Sumbar untuk memperoleh ilmu tentang teknis pengawasan. Pokmaswas tersebut terdiri dari Laskar Pemuda Peduli Lingkungan dan Bahari. Pelatihan dalam upaya pengawasan pemanfaatan sumberdaya yang tidak taat aturan yang menyebabkan sumberdaya rusak sia-sia. "Terumbu karang di Pesisir Selatan sangat mengkhawatirkan. Kini terjadi kerusakan sekitar 90 persen, artinya kondisi terumbu karang perairan laut daerah tersebut hanya 10 persen saja yang masih baik," katanya.

Menurutnya, perlu penanganan serius dari seluruh lapisan masyarakat terutama Pokmaswas serta pemerintah. Disamping harus dilestarikan dan di bangun terumbu karang baru, juga perlu dibuat payung hukum untuk menjaganya. "Terumbu karang di perairan laut Pesisir Selatan sudah mengalami kerusakan yang cukup memprihatinkan. Hingga kini hanya 10 persen dalam kondisi baik (bagus), sementara kerusakan berat sudah mencapai 70 persen, 20 persen diantara luasnya mengalami rusak ringan," katanya. (h/har)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 11:24:39 WIB

    Lestarikan Alam, Perkuat Pokmaswas

    Lestarikan Alam, Perkuat Pokmaswas PAINAN, HALUAN — Un­tuk menjaga sumberdaya kelautan dan perikanan di Pessel, pemerintah perkuat peran Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang ada di daerah itu. Pe­­man­faatan sumberdaya yang ti­dak taat aturan m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]