TdS Finis di Lawang Park, Warga Setempat Tetap Mengilang Tebu


Selasa, 09 Agustus 2016 - 19:21:28 WIB
TdS Finis di Lawang Park, Warga Setempat Tetap Mengilang Tebu Sumber Foto/Net/Igoy

AGAM, HALUAN -- Aktivitas mangilang tabu tetap jalan di saat even Tour De Singkarak (TdS) Etape 4 finis di Lawang Part Kabupaten Agam, sedangkan penonton TdS didominasi oleh anak sekolahan.

Pantauan Haluan di lapangan, sejak pukul 10.00 WIB sejumlah siswa mulai berdatangan untuk menyaksikan pebalap mencapai garis finis. Tampak hanya sebagian kecil masyarakat sekitar yang datang menyaksikan iven TdS yang star dari Markas Secata Padang Panjang pada pukul 10.00 WIB itu.

Salah seorang warga sekitar Puncak Lawang Kabupaten Agam Samsiar (51 tahun) mengatakan, aktivitas masyarakat tetap berjalan seperti biasanya karena dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB masyarakat sibuk dengan rutinitasnya mengilang tabu untuk dijadikan gula aren (gulo anau).

"Kalau jam-jam segini jam kerjannya warga mangilang tabu, karena di sini kan mayoritas pekerjaan masyarakat membuat gula tebu," ungkapnya, Rabu (9/8).

Seorang siswa SMA N 1 Matur Kabupaten Agam Nadya mengatakan, pihak sekolah memang sengaja mempercepat jadwal kepulangan siswa karena diintruksikan menyaksikan TdS. "Tadi kebetulan kami juga goton groyong, dan setelah itu disuruh pulang cepat untuk melihat TdS makanya kami ke sini ramai-ramai," ujarnya.

Ia juga mengaku senang dengan adanya even TdS ini, karena banyak wisatawan asing yang datang. "Saya sengaja datang ke sini, karena ingin sekali berbicara secara langsung dengan bule dan sekalian untuk mempraktekkan bahasa inggis yang sudah kami pelajari," ujarnya. (h/rin)

 

Editor : Juli Ishaq Putra

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 05 November 2019 - 16:18:08 WIB

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman memastikan tahun depan kabupaten itu absen dari penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS)..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 17:17:30 WIB

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS

    Bupati Irfendi Arbi Matangkan Persiapan Ajak Suskeskan TdS LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM --  Persiapan Tour de Singkarak (TdS) 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota terus di matangkan. Bupati setempat berharap, alek berkelas internasional itu berjalan aman, lancar dan benar-benar dima.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 18:05:37 WIB

    Finis Etape VIII TdS 2019 akan Dimeriahkan Tari Anak Balam

    Finis Etape VIII TdS 2019 akan Dimeriahkan Tari Anak Balam PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Tari Anak Balam yang menjadi ritual pengobatan tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, bakal ditampilkan untuk memeriahkan finis pada balapan Internasional Tour de Singkarak (TdS) 2019 Etape VIII.
  • Selasa, 10 Oktober 2017 - 17:28:26 WIB

    Padang Panjang Siapkan 3 Penginapan untuk TdS

    Padang Panjang Siapkan 3 Penginapan untuk TdS PADANG PANJANG, HALUAN — Menyambut perhelatan balap sepeda Internasional bertajuk Tour de Singkarak (TdS), Pemerintah Kota Padang Panjang tengah melakukan beberapa tahapan persiapan. Saat ini, Dinas Pariwisata telah mengang.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:56:46 WIB

    Pebalap TdS Jadi Tamu Kehormatan di Istano Pagaruyung

    Pebalap TdS Jadi Tamu Kehormatan di Istano Pagaruyung BATUSANGKAR, HALUAN — Pebalap TdS 2016 menjadi tamu ke­hor­matan untuk menaiki ruangan dalam Istano Basa Paga­ru­yung, usai finish di komplek objek wisata budaya tersebut, Minggu (7/8)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]