MTQ ke 46 Inhu Batal Digelar


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:02:41 WIB

RENGAT, HALUAN — Pas­ca penundaan bulan Juli 2016, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-46 tingkat Ka­bu­paten Indragiri Hulu (Inhu) dijadwalkan 8 Agutus 2016. Namun tiba-tiba, tanpa ada su­rat resmi atau pem­beritahuan secara resmi dari bagian Kesra Pem­kab Inhu, tiba-tiba saja pembukaan MTQ ter­sebut dibatalkan dan akan dilaksanakan kem­bali hingga batas waktu yang belum di­ten­tukan.

Pembatalan ini ten­tunya sangat  merugi­kan tuan rumah karena hanya sepihak saja dan mendadak. Sementara persiapan penye­leng­garaan yang digelar di Desa Seresam Keca­matan Seberida Inhu, sudah mencapai 99 persen. Hal ini disampaikan Camat Sebe­rida Triyatno saat di­konfirmasi melalui selulernya, Ahad (7/8).

“Untuk pembukaan yang dijadwalkan pada Senin tanggal 8 Agustus 2016 dibatalkan hingga batas waktu yang belum ditentukan, pembatalan pem­bukaan MTQ ke-46 ini saya ketahui dari Kabag Kesra me­lalui hp pada Jumat malam kemarin.

Saya saja bingung saat itu waktu dikasih tahu, pem­batalan ini karena jadwal yang berdekatan baik untuk 17 Agustus, maupun pelepasan jamaah haji,” ujarnya.

Diungkapkanya, persiapan sarana dan prasarana MTQ ini, seperti astaka dan pemon­dokan bagi kafilah yang ikut serta dalam iven religius ini sudah selesai 99 persen dan siap kapan saja akan digu­nakan.

“Persiapan bisa dibilang sudah mencapai 99 persen, baik astaka maupun pemon­dokan. Tinggal menyusun bu­nga untuk taman di depan astaka saja lagi yang belum dilakukan. Pada prinsipnya sarana MTQ ke-46 di Desa Seresam Kecamatan Seberida ini siap digunakan kapan saja,” ungkapnya.

Sementara itu Kasubag Agama pada Bagian Kesra Setdakab Inhu Ahmad Jalil saat dikonfirmasi wartawan juga membenarkan tentang pem­batalan pembukaan MTQ ke 46 di Kecamatan Seberida.

“Benar, pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten yang dipu­satkan di Desa Seresam Ke­camatan Seberida kembali ditunda.

Persiapan yang telah di­laksanakan selama ini, sudah selesai dan tinggal finishing. Bahkan, bangunan astaka yang sudah dikerjakan sejak per­tengahan bulan lalu sudah rampung,” tandasnya.

Ditambahkannya, dengan diundurnya pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten In­hu ini, pihaknya telah me­ngirikan surat pemberitahuan penun­daan MTQ kepada masing-masing kecamatan.

 “Penundaan pelaksanaan MTQ beberapa waktu, se­mata-semata untuk ke­sem­purnaan.

Kali ini pelaksanaan MTQ ditunda bersamaan dengan rangkaian kegiatan pelepasan jemaah calon haji (JCH),” jelasnya.(hk)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Mei 2016 - 02:53:16 WIB

    Dewan Hakim MTQ VI Kepri Dilantik

    TANJUNGPINANG, Haluan — Sebanyak 145 Dewan Hakim Musa­baqah Tilawatil Quran (MTQ) VI tingkat Provinsi Kepu­lauan Riau dilantik oleh Plt. Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Sabtu (21.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]