PRAKTIK OPERASI DITIADAKAN 3 HARI

PLN Bermasalah di RSUD Tengku Rafian


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:06:59 WIB

SIAK, HALUAN — Keterbatasan pasokan daya listrik dari PLN Rayon Siak untuk kebutuhan penerangan dan tenaga listrik di RSUD Tengku Rafian membuat pelayanan pusat pelayanan kesehatan itu terganggu, setidaknya selama 3 hari RSUD Tengku Rafian Siak tidak berani praktik operasi, mengingat kondisi listrik tidak stabil atau tidak bisa menjamin terus nyala selama operasi berlangsung.

Hal ini diakui oleh Direktur RSUD Tengku Rafian Siak Ulfa Hanum, Senin (8/8), di ruang kerjanya. Ia menjelaskan sebelum terjadinya pemadaman bergilir, mesin pembangkit RSUD dalam perbaikan.

“Kita sudah mengirimkan surat pemberitahuan, dan me­minta agar PLN tidak mela­kukan pemadaman, karena walau bagaimana kondisinya RSUD tidak boleh putus listrik. Sebelum terjadi demo dan pemadaman lalu surat sudah kita kirim,” kata Ulfa Hanum.

Dijelaskannya, RSUD Teng­ku Rafian memiliki 1 unit Genset 500 KVA, dan 1 unit Genset 100 KVA. “Yang 500 KVA itu untuk mencukupi seluruh kebutuhan daya listrik di sini. Karena masa perbaikan, maka kita tidak berani me­lakukan praktik operasi, listrik dari PLN tidak menjamin, bagaimana kalau sempat mati listrik 5 menit saja saat operasi berlangsung. Melihat kondisi itu, saya kirim surat ke semua dokter menyampaikan agar tidak dilakukan operasi sampai kondisi listrik normal, ini telah berlangsung sejak 3 hari lalu,” kata Ulfa Hanum.

Menurut Ulfa Hanum, sela­ma 3 hari berlangsung tidak ada pasien emergency, sehingga kondisi ini tidak sampai me­ngorbankan pasien. “Alham­dulillah, 3 hari ini tidak ada pasien yang butuh operasi,” kata Ulfa Hanum.

Untuk mengatasi per­ma­salahan ini, lanjut Ulfa Hanum, pihaknya menyewa satu unit pembangkit dengan kapasitas 500 KV, dan kini dalam masa uji coba.

Jika selama 2 jam perco­baan terbukti mampu meng­kaver kebutuhan listrik untuk seluruh peralatan medis dan fasilitas RSUD, maka pihaknya berani melayani pasien untuk operasi.

“Mesin genset 500 KV kita sewa, sampai kondisi listrik membaik, dan sekarang genset kita yang 500 KV sudah selesai diperbaiki dalam kondisi nor­mal,” pungkas Ulfa Hanum.

Terpisah, Kepala PLN Ra­yon Siak H. Zulhardi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, nomor ponselnya tidak aktif. (h/lam)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 November 2019 - 10:43:34 WIB

    Dukung Wisata Baru di Padang, PLN Sumbar Hadir di Permindo Night Market

    Dukung Wisata Baru di Padang, PLN Sumbar Hadir di Permindo Night Market PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat turut serta berpartisipasi mendukung gelaran Permindo Night Market yang digadang-gadang sebagai icon baru kota Padang..
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:55:49 WIB

    Masyarakat Kerap Menjadi Korban Dari PLN

    PEKANBARU, HALUAN — Anggota DPR Komisi VII bidang ESDM, Sayed Abubakar, meminta PT PLN untuk serius menangani krisis listrik di Provinsi Riau yang kini kondisinya kembali memburuk..
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:07:43 WIB

    Warga Rantau Panjang Rindukan PLN

    LINGGA, HALUAN — Warga desa Rantau Panjang Kecamatan Lingga Utara rindukan PLN 24 jam nonstop. Selama ini, masyarakat Desa Rantau Panjang hanya menikmati listrik dari mesin pembangkit milik desa, dan bahkan mesin genset mi.
  • Rabu, 30 Maret 2016 - 03:14:54 WIB

    Operasi P2PL, PLN Temukan Rumah PNS Curi Listrik

    BINTAN HALUAN — Dalam rangka ope­rasi Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) yang dilakukan petugas PLN rayon Kijang, Kecamatan Bintan, menemukan satu rumah di Kampung Budi Mulya Km 23 Kijang yang diduga melakukan penc.
  • Kamis, 17 Maret 2016 - 03:30:45 WIB

    PLN Selatpanjang Berupaya Normalkan Listrik

    SELATPANJANG, HALUAN — Manager PT PLN Rayon Selatpanjang Asmardi, menegaskan pihaknya senantiasa berupaya sekuat tenaga untuk sesegra mungkin menormalkan keadaan PLN Rayon Selatpanjang. Dimana listrik tersebut sejak beberap.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]