Diberikan PMT Kondisi Penyandang Gizi Buruk Mulai Membaik


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:12:38 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Tujuh balita penyandang gizi buruk di Kota Pariaman sudah mendapat Program Makanan Tambahan (PMT) dari pe­me­rintah setempat, dan kondisinya sudah membaik.

Pemerintah Kota Pariaman terus berupaya untuk mem­berantas gizi buruk dan gizi kurang pada bayi dan balita yang ada di kota ini dengan ragam program yang diluncurkan ke tengah masyarakat melalui dinas instansi terkait.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Bakhtiar  men­jawab Haluan Senin (8/8), per­soalan bayi atau balita kurang gizi di Kota Pariaman terus ditekan dengan meluncurkan program-program kesehatan ketengah-tengah masyarakat.

Pada balita, ada namaya program makanan tambahan (PMT), itu dikucurkan peme­rintah dalam membantu anak-anak kurang gizi.

Bakhtiar yang didampingi Kepala Bidang Kesehatan Kelu­arga (Kesga), Eva Yulia Deswita menjelaskan, menanggulangi gizi buruk dan gizi kurang pada balitan sudah dilaksanakan sesuai tahun berjalan. Renstra itu 2015-2019.

Kita melakukan kegiatan penimbangan masal, pem­berian­vitamin A dan ketika itulah dilakukan penjaringan, kalau-kalau ada balita atau bayi kurang gizi.

Terhadap temuan seperti bayi atu balita kurang gizi, kita berikan paket PMT tiap hari satu paket yang berisikan multi vi­tamin, susu, kacang padi dan biskuit susu.

Paket tersebut kita dis­tri­busikan kepada orang tua balita kurang gizi atau gizi buruk. Jalur distribusinya, dari Dinas Ke­sehatan Kota Pariaman ke Pus­kesmas dari puskesmas diba­gikan ke bidan desa langsung ke kader dari kader ini baru ke sasaran.

“Dana untuk kegiatan terse­but tahun ini sebanyak 369 juta, kita anggarkan untuk 80  Balita, Ibu Hamil 90 KEK dan Baduta 150 orang,” sebutnya.

Dalam sistem pemberian PMT atau paket tersebut, untuk waktu tiga bulan, tetapi kalau kondisi mereka membaik, ban­tuan itu kita alihkan kepada yang lainya yang membutuhkan. “Ki­ta jalan terus untuk memantau situasi itu disamping kegiatan periodik yang sudah dilakukan di posyandu oleh para kader bersama petugas medis dan para medis di kelurahan/desa di kota ini,” ungkapnya.

Soal gizi buruk itu dise­babkan oleh faktor orang tua juga ekonomi dan penyakit penyerta, kata kadis kesehatan tersebut. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:59:01 WIB

    BLT DD Tahap II di Kamang Magek Tuntas Diberikan pada 355 KK

    BLT DD Tahap II di Kamang Magek Tuntas Diberikan pada 355 KK HARIANHALUAN.COM - Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap II telah tuntas diberikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. .
  • Senin, 06 Februari 2017 - 20:44:47 WIB

    Petani Tambak di Danau Maninjau Bakal Diberikan Zonasi

    Petani Tambak di Danau Maninjau Bakal Diberikan Zonasi PADANG, HALUAN--Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar akan memberikan aturan untuk pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau Kabupaten Agam. Salah satunya dengan memberikan zonasi bagi petani tambak. .
  • Kamis, 25 Februari 2016 - 01:56:50 WIB

    Surat Nikah tak Bisa Asal Diberikan

    PASBAR, HALUAN — Ke­pala Kantor Urusan Aga­ma (KUA) Kecamatan Ra­nah Batahan, Kurnia Kur­di, me­ngakui, jika ada war­ga me­minta surat reko­mendasi pin­dah nikah dari wilayah ter­tentu ke daerah lain. Tidak bisa a.
  • Rabu, 20 Januari 2016 - 03:39:08 WIB

    Tiga Juta Bibit Ikan Diberikan Gratis Pada Masyarakat

    Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam menargetkan produksi bibit ikan pada tahun 2016 pada dua BBI di Agam sebanyak tiga juta ekor. .
  • Kamis, 17 Desember 2015 - 03:16:22 WIB

    Pemangku Adat Tanah Datar Diberikan Pelatihan

    TANAH DATAR, HALUAN — Makin memudarnya pe­ma­haman Adat Basandi Sya­rak, Syarak Basandi Kita­bullah (ABS-SBK) bagi ni­nik mamak dan minimnya rege­nerasi pemangku fung­sional adat yang dapat ber­peran sebagai pelesta.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]