SURVEY SEJUMLAH LOKASI

Pemko Pariaman Mulai Gali Potensi Wisata


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:18:35 WIB
Pemko Pariaman Mulai Gali Potensi Wisata Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar.

PARIAMAN, HALUAN — Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU ) Kota Pariaman, Asrizal dan sejumlah staf mensurvei potensi lokasi wisata sungai batang Piaman dari Pauh sampai ke Muaro, Rabu lalu.

Survei dilakukan terkait rencana pemerintah kota untuk mengembangkan kawasan itu menjadi daerah wisata se­kaligus sebagai pendukung objek wisata Pantai Gandoriah.

Dari hasil survei yang dila­kukan, jelas Wawako Genius Umar, ada banyak potensi wisata yang bisa dikem­ban­g­kan. Pasalnya, sudah ada jalan rintisan yang hanya tinggal lagi pembenahan sungai yang nan­tinya direalisasikan dalam bentuk pekerjaan normalisasi.

“Kita rencanakan tahun 2017, sepanjang 1 km me­manfaatkan bantuan Balai Sungai wilayah Sumbar yang ada di Padang dan dikerjakan dalam bentuk paket dengan dana Rp50 miliar,” kata wakil walikota.

Objek wisata yang dibuat sepanjang 1 km lengkap de­ngan memperlebar sungai 3 meter, mengangkat sedimen, dilengkapi jalan inspeksi di­ping­gir sungai selebar 7 meter. “Kita rencanakan membuatnya dari Pauh sampai Muaro Gan­doriah,” ungkap Genius lagi.

Disisi lain, dari Pauh ini nantinya orang bisa me­man­faatkan biduk atau sampan menuju Gandoriah melalui sungai Batang Piaman ini.

“Kita akan terus berdaya­kan potensi wisata yang ada dengan mengolahnya menda­tangkan geliat ekonomi bagi masyarakat sekaligus membuka peluang kerja bagi warga,” jelas Ge­nius.

Untuk ke­lan­caran realisasi prog­­ram tentu di­harapkan peran masyarakat untuk bisa mendukung pembangunan ini, baik tokoh ma­sya­r­akat, desa dan ke­camatan.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Paria­man, Asrizal kepada Haluan terkait rencana pemerintah kota seperti yang disampaikan Wa­kil Walikota Genius Umar, membenarkan rencana terse­but.

Potensi untuk menjadikan kawasan sungai batang piaman menjadi objek wisata dan se­bagai pendukung akses wisata ke Gandoriah sebuah rencana yang baik dan kita buatkan DED secepatnya.

Selain itu pembenahan ka­wa­san bantaran sungai Batang Piaman dari Pauh menuju Muaro Batang Piaman, seiring dengan kegiatan normalisasi sungai.

“Mudah-mudahan ka­lau tidak ada aral melintang, tahun depan sudah mulai kita realisasikan. Kini kita sudah mulai siapkan segala sesua­tunya,untuk kelancaran reali­sasi program,” pungkasnya. (h/tri)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 02 September 2020 - 22:25:32 WIB

    Pemko Pariaman Perpanjang Masa Tes Swab Gratis

    Pemko Pariaman Perpanjang Masa Tes Swab Gratis HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman memperpanjang masa tes swab gratis untuk masyarakat Kota Pariaman sampai Jumat (5/9/2020). Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, H. Syahrul, Rabu (2/9/2020), pelaksa.
  • Jumat, 31 Juli 2020 - 15:53:25 WIB

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota

    ASN di Pemko Pariaman Potong Hewan Kurban di Halaman Musala Balaikota HARIANHALUAN.COM - Baru pertama kali pimpinan daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman melakukan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman musala Balaikota Pariaman sesudah sala.
  • Kamis, 23 Juli 2020 - 14:42:15 WIB

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan

    Pemko Pariaman Pasang 65 Titik Lampu Jalan HARIANHALUAN.COM - Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) pada ruas jalan Koto Marapak -Cubadak-Mentawai, Kota Pariaman selesai dikerjakan dan masyarakat sudah dapat menikmati penerangan tersebut. .
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 15:39:30 WIB

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP 

    Pemko Sawahlunto Hibahkan Lahan untuk Kampus PSDKU UNP  HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto menyediakan lahan dan akan membangun kampus jauh Universitas Negeri Padang (UNP) diarea Kandi. Sebelumnya Pemko telah meneken Momerandum of Understanding (MoU) dengan Rektor UNP..
  • Rabu, 01 Juli 2020 - 14:49:03 WIB

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi

    Mutasi di Lingkup Pemko Sawahlunto, Dua Jabatan Camat Kembali Terisi HARIANHALUAN.COM - Dua jabatan Camat dilingkungan Pemerintah Kota Sawahlunto kembali terisi setelah pejabat sebelumnya memasuki masa purna bakti. Adapun dua Camat tersebut, yakni Camat Kecamatan Barangin dijabat oleh Subandi .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]