Haris Azhar: Saya Yakin Ada Kekuatan Publik


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:20:19 WIB

JAKARTA, HALUAN —Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kon­tras),  Haris Azhar mengatakan, tindakannya mempublikasi informasi dari Freddy Budi­man, bandar narkoba yang telah dieksekusi, merupakan langkah terakhir yang dapat dilakukan.

Haris mendapatkan infor­masi dari Freddy adanya keterlibatan penegak hukum dalam peredaran narkoba yang dilakukannya. “Saya merilis ke publik sebagai pilihan terakhir. Karena saya tahu ada kekuatan publik yang bisa mengontrol negara juga,” kata Haris di Kantor Konsorsium Pembaruan Ag­ra­ria, Jakarta, Selasa (9/8).

Haris menuturkan, se­belum mempublikasi infor­masi dari Freddy, ia telah membangun komunikasi de­ng­an berbagai pihak. Selain komunikasi, ia juga berupaya memverifikasi informasi ter­sebut. Ketika tidak men­dapat­kan respon dari ko­mu­nikasi yang dilakukan, Haris mengatakan menunggu detik terakhir saat nama Feeddy sudah masuk dalam daftar eksekusi mati.

“Detik terakhir itu, ketika namanya masuk dalam daftar dan jadwal eksekusinya sudah keluar. Itu waktu yang paling tepat. Karena kalau tidak begitu, pemerintah ti­dak awa­re,” ucap Haris.

Haris memilih tidak me­m­beritahu informasi tersrbut kepada Mabes Polri. Kepu­tusan eksekusi, lanjut Haris, berada di tangan Kejaksaan.

“Selasa sore saya kasih kabar ke Johan Budi. Karena yang ngomongin eksekusi dan yang mendaftarkan ke sana adalah Kejaksaan. Ma­ka­nya saya ngomong ke Pre­siden. Apalagi presiden di­asumsi­kan dapat laporan terus menerus terkait laporan perkembangan dari kejaksaan terkait eksekusi,” ujar Haris.

Setelah tidak men­dapat­kan perkembangan dari Pre­siden Jokowi melalui Johan Budi, Haris memutuskan untuk me­m­publikasikan in­for­masi dari Freddy kepada publik. Satu jam kemudian, Kepala Bagian Humas BNN, Slamet Pribadi menghubungi Haris.

Menurutnya, jika terdapat kemauan dan keberanian, eksekusi mati Freddy bisa dicegah dalam rangka meng­gali informasi lebih jauh. “Menggali informasi dari Freddy kan bukan berarti menghilangkan hukuman mati baginya. Jadi jangan salah kaprah juga,” tutur Haris. (h/kmp)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 09:40:18 WIB

    Haris Azhar Ungkap Dugaan Rekayasa Sidang Kasus Novel Baswedan

    Haris Azhar Ungkap Dugaan Rekayasa Sidang Kasus Novel Baswedan HARIANHALUAN.COM - Direktur Kantor Hukum Lokataru Haris Azhar menilai janggal peradilan terhadap dua terdakwa kasus penyerangan penyidik KPK Novel Baswedan, Rahmat Kadir Mahulette dan Ronny Bugis..
  • Ahad, 17 November 2019 - 01:13:12 WIB

    Haris Azhar ke Erick Thohir: Apa sih yang Dicari dari Ahok?

    Haris Azhar ke Erick Thohir: Apa sih yang Dicari dari Ahok? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir disarankan kembali mengkaji wacana menunjuk mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi bos salah satu perusahaan pelat merah..
  • Sabtu, 16 November 2019 - 18:23:20 WIB

    Haris Azhar: Apa Ahok Punya Kapasitas Pimpin BUMN

    Haris Azhar: Apa Ahok Punya Kapasitas Pimpin BUMN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikabarkan akan menjabat komisaris utama PT Pertamina yang merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN..
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 13:35:31 WIB

    BPN Prabowo Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma

    BPN Prabowo Akan Ajukan Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana dan Lieus Sungkharisma JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pihaknya akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan terhadap tersa.
  • Kamis, 11 Agustus 2016 - 03:58:01 WIB

    Polri Hentikan Selidiki Haris Azhar

    JAKARTA, HALUAN — Badan Reserse Kriminal Polri menghentikan semen­tara penyelidikan terhadap Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar terkait dengan upaya mengumpulkan fakta m.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]