BI Salurkan Beasiswa ke Tiga PTN di Sumbar


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:23:33 WIB
BI Salurkan Beasiswa ke Tiga PTN di Sumbar Kepala Bank Indonesia Wilayah Sumbar, Puji Atmoko memberikan beasiswa secara simbolik kepada tiga perwakilan PTN di Sumbar di Aula Nan Tongga BI Sumbar, Selasa (9/8). (WINDA)

PADANG, HALUAN — Bank Indonesia Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) kembali menyalurkan beasiswa Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) tahun 2016. Sebanyak 120 mahasiswa dari tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Sumbar menjadi penerima manfaat dari program yang dibuat secara berkelanjutan tersebut.

Kepala Kantor Per­wa­kilan BI Sumbar, Puji Atmo­ko me­ngutarakan, jumlah dana yang dikucurkan BI Sumbar untuk program bea­sis­wa ter­sebut untuk Sumbar pada tahun ini sebesar Rp­750 juta. Sementara itu, total dana beasiswa BI seluruh Indonesia bernilai sekitar Rp22 miliar lebih.

Sebanyak 120 maha­sis­wa penerima beasiswa BI tersebut sebanyak 40 orang di tiap-tiap PTN, yakni Uni­versitas An­dalas (Unand), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang dan Uni­ver­sitas Negeri Pa­dang (UNP). Puji mene­rang­kan, beasiswa tersebut dipe­run­tukkan bagi bantuan pendidikan dan bia­ya hidup. Mahasiswa pene­rima harus memenuhi per­syaratan ter­ten­tu. Syarat utama adalah prestasi akademik.

“Beasiswa ini adalah pro­gram tahunan dari BI di selu­ruh Indonesia. Di Sum­bar ada tiga PTN yang men­jadi target penerima bea­siswa dari BI, dengan jumlah masing-ma­sing PTN seba­nyak 120 ma­hasiswa,” ujar Puji saat pe­nyerahan bea­siswa tersebut di Aula BI Sumbar, Selasa (9/8). 

Puji menjelaskan, PSBI ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Pro­gram itu adalah bentuk kepe­dulian BI terha­dap kelang­su­ngan pendi­dikan generasi bangsa. BI menya­dari bahwa biaya pendidikan di Indo­nesia masih tinggi.

Beasiswa dari BI dalam program ini akan menerima Rp500 ribu setiap bulan sela­ma satu tahun. Puji ber­harap, bantuan tersebut dapat mem­bantu menunjang kelancaran mahasiswa pe­nerima dalam mengikuti perkuliahan. Ia juga mengi­ngatkan bantuan tersebut dapat digunakan sebaik-baiknya untuk mem­biayai kebutuhan yang ber­kai­tan dengan pendidikan.

Mahasiswa penerima bea­­siswa Bank Indonesia itu, secara otomatis menjadi ang­gota komunitas Generasi Baru Bank Indonesia (Gen­BI). Ko­mu­nitas itu dibentuk un­tuk menjadi wadah bagi ma­ha­siswa penerima bea­siswa da­lam mengasah ke­mam­puan kepemimpinan dan mening­katkan rasa kepe­dulian terha­dap sesama. Ko­munitas Gen­BI resmi di­dirikan oleh para mahasiswa penerima beasiswa BI pada November 2011. 

Puji berterima kasih ke­pa­da semua penerima bea­siswa yang hadir pada hari itu. Me­nurutnya, kualitas gene­rasi mu­da dapat men­jadi fak­tor pe­nentu bagi pera­daban, ke­ma­ju­an, per­kembangan, dan ke­se­­jah­teraan suatu bang­sa. (h/win)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]