PERSIAPAN HADAPI PON

Iwan Samurai Latihan Sampai Selesai


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:32:23 WIB
Iwan Samurai Latihan Sampai Selesai IWAN Samurai (kiri) bersama Plt Ketum KONI Sumatera Barat Syaiful.

PADANG, HALUAN — Demi mem­persiapkan diri untuk meng­hadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Ban­dung Jawa Barat atlet binaraga Su­matera Barat Iwan Samurai ber­latih sampai selesai. Iwan Sa­murai sendiri menargetkan un­tuk meraih medali emas di ajang sekali empat tahun terse­but.

“Jika orang berlatih pakai batas waktu, namun bagi saya la­tihan sampai selesai. Mak­sudn­ya sampai selesai adalah sa­y­a berhenti latihan saat capek saja. Jika belum capek maka sa­ya tidak akan berhenti lati­han,” ujar Iwan Samurai, ke­marin.

Saat ini dirinya memasuki masa pengeringan dan diet. “Saat ini saya berjemur untuk pengeringan di Hotel Eden. Selain masa pengeringan saya latihan untuk masa otot di G Sport Center,”sambungnya lagi.

Mengenai lawan di PON nanti, Iwan mengatakan kalau binaragawan dari Jawa Timur Syafrizaldi dan Meni dari Jawa Tengah menjadi lawan terbe­ratnya. “Pada Kejurnas Pra PON lalu saya mendapat medali perunggu, sementara itu Sya­frizaldi meraih medali emas dan Meni medali perak,”tuturnya.

Iwan mengatakan saat ini motivasinya sangat tinggi untuk meraih medali emas. “Sya­frizaldi tersebut merupakan juara tidak terkalahkan. Jadi saya sangat ingin menga­lahka­nya. Jika saya berhasil menga­lahkannya tentu akan menjadi sebuah pencapaian bagus bagi saya berhasil mengalahkan juara tidak terkalahkan,”bebernya.

Mengenai peluang sendiri dirinya mengatakan kalau saat ini hampir sama besar. “Saya pernah satu kejuaraan sama Syafrizaldi tersebut. Saat itu saya hanya kalah tipis dari dia. Dan banyak orang yang memo­tivasi saya untuk bisa kembali berhadapan dengannya. Sebab peluang saya untuk bisa menga­lahkannya besar, apalagi dia sudah tua,”ungkapnya.

Iwan Samurai sudah mengi­kuti uji coba ke Bandung pada bu­lan lalu di Kejuraan Minister In­donesia. “Pada kejuaraan ter­sebut saya berhasil meraih me­dali emas. Namun Syafri­zaldi dan Meni tidak mengikuti ke­jua­raan tersebut. Mungkin me­reka tidak ikut karena ingin mem­baca peta lawan,”jelasnya la­gi.

PON 2016 ini merupakan PON ketiga bagi Iwan Samurai. PON pertamanya di Kalimantan Ti­mur 2008 Iwan belum berhasil meraih medali. Namun di PON ke­duanya yaitu di Riau tahun 2012 Iwan berhasil meraih me­dali emas namun di kelas 70 kg.

“Karena saya ingin menan­tang Syafrizaldi tersebut ma­ka­nya saya ingin naik kelas kekelas 75 kg. Jika saya tetap turun di kelas 70 kg kemung­kinan besar saya bisa mem­pertahankan medali emas. Na­mun saya tidak mau melaku­kannya karena tan­ta­ngannya tentu akan berku­rang. Jika saya berhasil meraih medali emas di kelas 75 kg ini, maka saya akan naik kelas di PON 2020 nanti, sebab di kelas 80 kg tersebut ada lawan yang cukup kuat juga.”tuturnya.

Dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi PON, Iwan mengatakan kalau ada men­dapat bantuan dana dari KONI Sumbar. “Bagi saya binaraga sudah menjadi gaya hidup, bukan hanya sekedar untuk olahraga saja,”bebernya. (h/san)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]