Menanti Merah Putih Berkibar di Rio


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:34:11 WIB

Ada dua peristiwa penting yang mem­perbolehkan lagu kebangsaan sebuah negara dan  benderanya berkibar sekaligus, yakni saat kunjungan kenegaraan pejabat negara ke negara sahabat  serta meraih medali emas di ajang multi iven seperti olimpiade (dunia), Asian Games (Asia), SEA Games (Asia Tenggara).

Untuk bisa meraih dua hal itu, saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkibat di venue cabang olahraga, terutama di level Asian Games atau dunia, tentunya melewati fase-fase yang tak mudah. Mereka harus me­menangkan kompetisi sebenarnya, kom­petisi yang mem­per­juangkan kecepatan, kekuatan hingga kema­hiran di cabang olahraga mereka masing-masing.

Saat ini, seluruh dunia tengah mengikuti hasil pres­tasi masing-masing negara di Olimpiade 2016. Indonesia pantas berbangga karena sudah dua medali yang dikantongi yang berasal dari ca­bang angkat besi, kendati medali perak yang di­dulang.  Hanya saja, jika diikuti perlahan, ben­dera yang dikibarkan tadi “terpaksa” ikut ke negara yang atletnya  meraih medali emas. La­gu kebangsaan negara tersebut diperdengar­kan.

Indonesia sendiri mulai fase dengan medali emas olimpiade sejak tahun 1988 lalu. Saat itu, Indonesia meraih medali emas, tapi dari cabang yang belum diakui, yakni bulutangkis. Cabang itu dikompetisikan dengan status eksebishi. Karenanya, pada kesempatan tersebut, Indone­sia juga meraih medali untuk pertama kalinya dalam olim­piade melalui cabang panahan putri yang di­raih Kusumawardani Cs. Tri Srikandi In­do­nesia ini memboyong sekeping medali perak.

Kini, 28 atlet dari tujuh cabang olahraga itu sudah mulai bertanding dan berkompetisi. Tu­juan mereka, satu. Memperdengarkan la­gu kebangsaan di depan khalayak. Setelah Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan men­da­patkan perak, harapan untuk membo­yong medali emas masih terbuka setelah tradisi emas olimpiade yang dibangun tahun se­jak 1992 itu sempat terputus di London 2012.

Indonesia masih punya tumpuan, yakni cabang Bulutangkis. Kendati berat, pemain bulutangkis Indonesia tersebut masih mengin­car medali bergengsi tersebut agar Indonesia Raya dikumandangkan.

Karenanya, marilah menganggap olah­raga sebagai hal yang sangat penting yang penuh tan­tangan dan motivasi untuk bero­lahraga. Un­tuk itu beberapa kumpulan kata-kata mutiara yang muda-mudahan bisa membantu atlet dan ofisial untuk rajin berolahraga. Begitu medali diamankan, mereka masih mengincar hal lain.

Bagi pemula, olahraga akan menyegarkan tu­­buh anda, sekaligus menyegarkan pikiran an­da. Atlet olahraga selalu mengajarkan kita hu­­bungan antara latihan, strategi dan pres­ta­si. Dan itu berlaku di setiap bidang ke­hi­dupan. Bagi seorang atlet, olahraga adalah ke­harusan karena disitulah kehi­dupan me­reka berada. Bagi Orang di bidang lain, olah­raga juga merupakan keharusan karena hi­dup tak akan berjalan lancar tanpa olahraga.

DARI sekian banyak orang yg memulai program olahraga, hanya sepertiga yg terus bertahan hingga akhir tahun pertama. Pendapat ini dikemukakan oleh Vicki Pierson, ACE Certified Personal Trainer. Bagi Anda yg sudah memulai program olahraga dan kesulitan buat bertahan, tentu saja Anda tak sendiri. Untuk membantu Anda agar tetap termotivasi, berikut beberapa tip sederhana yg dapat Anda coba: Menemukan pasangan fitnes: Studi-studi menemukan, berolahraga dengan teman atau keluarga akan membuat Anda lebih patuh terhadap komitmen program latihan Anda. (*)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:19:51 WIB

    Atlet Menanti Bonus Porprov

    Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV Sumbar telah berakhir Selasa (2911). Kota Padang keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali 206 medali emas, 134 perak dan 139 perunggu..
  • Sabtu, 15 Oktober 2016 - 00:34:10 WIB

    Menanti Bis Sekolah

    Menanti Bis Sekolah Banyak di antara kita mungkin sangat hapal lagu Bis Sekolah yang dipopulerkan oleh Koes Ploes pada tahun 70 an. Belakangan “Bis Sekolah” kembali ngetrend, karena ham­pir tiap sekolah baik SMP ataupun SMA/SMK telah ataupu.
  • Sabtu, 04 Juni 2016 - 05:24:20 WIB

    Menanti Komunikasi Partisipatif Program MM

    Menanti Komunikasi Partisipatif Program MM Laku komu­ni­kasi antar ma­nusia meru­pa­kan aktivitas sosial di mana latar sosial menjadi alas utama ter­jadinya aktivitas komu­nikasi. Latar sosial ber­hubungan dengan latar budaya manakala ak­tivitas komunikasi it.
  • Jumat, 18 Maret 2016 - 04:05:15 WIB
    Cerita dari Rimba

    Rusak Hutan, Sanksi Adat Menanti

    Rusak Hutan, Sanksi Adat Menanti Di salah satu Nagari di Kabupaten Solok mempunyai cara yang sangat efektif untuk mencegah pembalakan liar. Bahkan bagi pelaku akan mendapat hukuman yang jauh lebih memberi efek jera daripada hukum pidana. Bahkan kehebatan Nag.
  • Selasa, 15 Maret 2016 - 03:16:01 WIB

    Oposisi Sunyi Sabar Menanti

    Oposisi Sunyi Sabar Menanti Pendekar tak takut berjalan sendiri, begitulah ucapan pamungkas Prabowo Subianto kepada awak media setelah acara Peringatan Ulang Tahun ke-8 Partai Gerindra di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (6/2/.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]