Pasar Padang Kaduduak Bakal Jadi Pusat Bisnis


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:40:12 WIB
Pasar Padang Kaduduak Bakal Jadi Pusat Bisnis ANGGOTA Komisi VI DPR RI, Refrizal mengaduk semen, tanda dimulainya pembangunan Pasar Padang Kaduduak, Payakumbuh, Selasa, kemarin. (ZULKIFLI)

PAYAKUMBUH, HALUAN—Pasar Padang Kaduduk, di Kecamatan Pa­ya­kumbuh Utara, di­harapkan menjadi lokasi bisnis terbesar di Luak Limopuluah. Karena itu, perlu dibuatkan  tata ruang kawasan di Padang Kaduduk dalam jangka pan­jang, ter­masuk pembangunan pasar rakyat maupun mesjid raya.

“Pembangunan tahap awal perlu diupayakan berku­alitas. Sehingga kami di DPR lebih mudah mem­perjuang­kan dananya ke kementerian terkait, guna kelanjutan pem­bangunan pasar itu termasuk sarana prasarananya,” ungkap Anggota Komisi VI DPR RI, Refrizal saat peletakkan batu perama pembangunan Pasar Padang Kaduduk, Selasa kemarin.

Dikatakannya, nanti pa­sar ini perlu ditata sebaik mungkin, sehingga menarik bagi pengunjung. Ketika pekerjaan pasar rampung dan dilengkapi dengan sarana prasarana yang mencukupi, diyakini bakal menjadi tem­pat persinggahan bagi masya­rakat rantau yang pulang kampung.

Dalam kesempatan itu, Refrizal juga memaparkan rencana pembangunan jalan tol Padang-Bukittinggi, yang tetap akan berlanjut. Jika terwujud nanti, tentu akan lanjut ke Payakumbuh, bah­kan ke Pekanbaru sekalipun. Saat ini lalu lintas di ruas jalan Padang-Bukittinggi rawan macet. Pada waktu waktu tertentu, lama perja­lanan bisa lima hingga 8 jam, padahal jaraknya sekitar 112 km saja.

“Selain itu, kereta api juga akan dihidupkan lagi, uta­manya kereta api wisata yang akan menyambung di seluruh wilayah di Sumbar, termasuk Padang-Paya­kum­buh bahkan ke Pekanbaru. Maksudnya, akan menghi­dupkan pari­wisata daerah yang akan membuat wisata­wan nasional dan manca­negara diharapkan datang berkunjung,” kata kader PKS ini.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan, pasar yang akan ditempati pedagang itu, diberikan seca­ra gratis. Tidak ada jual beli los dan kios, yang dibayar cuma air PDAM, listrik dan uang kebersihan, supaya semua warga dapat kesem­patan berusaha. Pasar itu dibangun diatas lahan seluas 4,3 hektare, termasuk pem­bangunan mesjid raya. Me­lalui pembangunan pasar, maka Kota Payakumbuh di­ha­rapkan tumbuh dan berk­embang.

“Saya sudah persiapkan konsepnya, karena kita butuh pemberdayaan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, kalau perlu diatas 10 persen income perka­pitanya, tertinggi di Sumbar,” ujarnya optimis.

Di Pasar Padang Kadu­duk nanti, juga akan diba­ngun pusat packinging produk UMKM, termasuk makanan spesifik berbagai jenis rendang. Tentu akan banyak masyarakat daerah ini yang akan hidup dari pasar tersebut. (h/zkf)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]