Wabup Ferizal Ridwan: RSUD Agar Gunakan Layanan Online


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:43:04 WIB
Wabup Ferizal Ridwan: RSUD Agar Gunakan Layanan Online Wakil Bupati Ferizal Ridwan bersama Direktur RSUD Ahmad Darwis meninjau pembangunan gedung pelayanan rawat inap poliklinik. (ZULKIFLI)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Darwis Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, mendapat penambahan infrastuktur dan fasilitas lainnya, termasuk tenaga medis. Diharapkan dengan penambahan ini, pelayanan di rumah sakit tersebut dapat ditingkatkan.

“Format pelayanan ter­ha­dap masyarakat, khu­sus­nya pasien hendaknya terus diper­baharui. Jika memung­kinkan, pelayanan di RSUD ini bisa memakai sistem online. Se­hingga bisa ter­koneksi de­ngan Dinas Kese­hatan serta Faskes lain­nya,” kata Wabup Farizal Ridwan, saat me­ninjau pem­bangunan lanjutan di rumah sakit tersebut.

Dihadapan Direktur RS­UD Ahmad Darwis, Dr Mur­yeni Datri, serta puluhan tenaga medis lainnya, wagub mengatakan, bila sudah me­makai sistem online maka masyarakat juga akan leluasa mengakses fasilitas yang disediakan rumah sakit guna mengetahui kelengkapan di RSUD.

“Seperti jumlah dokter umum, dokter spesialis atau jadwal praktiknya. Sehingga, para pasien tidak ragu dan nyaman berobat ke RSUD. Karenanya harus ada tero­bosan dan inovasi ke depan,” sebut Ferizal.

Sekaitan dengan pem­bangunan gedung baru untuk ruangan rawat inap/poliklinik yang kini dalam proses pe­ngerjaan, Ferizal meminta pihak rumah sakit dapat mengawasi pengerj­aa­nnya.

Begitu pula penam­bahan sekitar 57 tenaga medis kon­trak (P3K), juga harus selalu diberikan pem­binaan kom­petensi secara pro­fesional.

Direktur RSUD Ahmad Darwis, Dr Muryeni Datri menyebut, saat ini RSUD kebanggaan Limapuluh Kota ini terus berbenah. Disam­ping melakukan penambahan gedung baru rawat jalan/poliklinik, manajemen RSUD juga sudah merekrut 57 orang tenaga kontrak, guna me­ningkatkan sistem pelayanan kesehatan. 

Dikatakan, penambahan gedung baru pelayanan rawat inap/poliklinik, ada 3 gedung dan satu gedung lagi dire­novasi. Pengerjaannya, me­makai anggaran APBD de­ngan pagu dana sekitar Rp6,4 miliar.

“Kami bertekad, dengan penambahan gedung dan fasilitas ini akan dibarengi dengan pelayanan yang lebih maksimal ke masyarakat,” ujar Muryeni.

Walau begitu, sarana pra­sarana di RSUD Ahmad Dar­wis masih terbatas, sehingga banyak warga Limapuluh Kota, melakukan rujukan pasien ke RSUD daerah lain, seperti ke RSUD Adnaan WD di Kota Payakumbuh, atau ke RSUD Ahmad Much­tar Bukittinggi. 

“Kami meminta, Pemkab ikut membantu upaya pro­mosi untuk peningkatan kun­jungan ke RSUD ini. Dian­taranya, melalui kebijakan rujukan pasien dari 22 Pus­kesmas ke RSUD Ahmad Darwis, terutama pasien atau masyarakat yang berdomisili di Limapuluh Kota,” ujar Muryeni Datri penuh harap. (h/zkf)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]