Tanah Datar Siapkan SOTK Baru


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:53:59 WIB

TANAH DATAR, HA­LUAN — Ke­me­n­terian Pem­ber­da­yaan Aparatur Ne­gara dan Refor­masi Birokrasi (Menpan-RB) menginstruksi­kan kepala daerah agar segera men­yusun SOTK baru menjelang akhir ta­hun ini. Sesuai atu­ran yang berlaku bahwa kepala daerah dapat melakukan mutasi, rotasi atau pengisian jabatan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) minimal enam bulan sejak dilantik sebagai kepala daerah. Pada 17 Agustus mendatang berarti Bupati Irdinansyah Tarmizi menurut aturan telah dibenarkan untuk melakukan pembentukan SOTK baru tersebut.

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi kepada Haluan, Senin (8/8) di Pagaruyung membenarkan bahwa akan dilakukan penyusunan SOTK baru di Pemda Tanah Datar. “Badan Kepegawaian Daerah telah dipanggil Menpan RB terkait penyusunan SOTK ini, sesuai Kepres kita dibatasi mesti telah melakukannya sebelum tahun ini berakhir. Menjelang Akhir Agustus ini kita akan membahasnya bersama DPRD, untuk itu saya sudah minta Sekda untuk mem­persiapkan SOTK ini sesuai Undang-undang aturan yang berlaku saat ini,” ungkap Irdinansyah.

Untuk pembentukan SOTK tersebut Pemda Tanah Datar pada 15 Mei lalu, sebanyak 136 pejabat eselon II dan III telah mengikuti tes kompetensi, 21 orang di­antara­nya pejabat eselon II dan 115 orang eselon III mulai dari Asisten bupati, Staf Ahli, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Bagian, Kepala Bidang, camat dan sekretaris camat guna memperoleh data base PNS berupa potensi individu secara psikis yang terdiri dari kemampuan mental, prestasi dan kemampuan intelegensi, kepribadian dan sikap kerja. Selain itu juga untuk mengi­dentifikasi pengetahuan/kompetensi PNS yang diperlukan, mengidentifikasi potensi PNS untuk menjalankan fungsi jabatan dimasa depan, pengembangan karier PNS dan untuk evaluasi kesenjangan antara apa yang diukur hari ini dengan yang diper­lukan untuk masa mendatang.

Mengenai hasil tes kompetensi yang dilakukan akademisi dari Universitas Negeri Padang tersebut, bupati menggambarkan bahwa tidak ada pejabat yang mendapatkan nilai buruk, namun sebagian terdapat skor nilai ada yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik, kemampuan bagus tetapi hanya bisa bekerja sendiri dan termasuk kemampuan IQ yang dimilikinya juga tergambar dari nilai tersebut. Bupati juga belum menentukan hari penyelenggaraan pelantikan SOTK baru tersebut. “Saat ini terdapat dua jabatan Kepala SKPD yang kosong yaitu Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, karena Kadisnya telah menyatakan mengundurkan diri. Kita tidak akan melihat masing-masing Pimpianan SKPD ini, jika dianggap kapabel dan kompeten kenapa harus diganti, juga melihat kinerjanya selama ini. Disisi lain kita juga akan menempatkan sesuai kompetensinya ma­sing-masing dan singkron dengan fisi dan misi daerah, kita dorong mereka untuk melihatkan kinerja dan prestasi sehingga pimpinan bisa menilai, pengisiannya kita prioritaskan kepada orang dalam, dan diupayakan tidak ada pejabat yang istira­hat,” sebut bupati Irdinansyah.

Pada perubahan anggaran tahun ini, bupati menyebutkan juga akan dilakukan tes kom­petensi bagi PNS untuk jabatan eselon IV dan V secara akademis, bagi PNS yang sudah layak mengisi jabatan ini dan yang masih ada tersebut kita nanti bisa memetakannya

Dalam penyusunan SOTK baru nanti, bupati tidak menampik bahwa akan mem­pertimbangkan masukan-masukan dari berbagai ele­men termasuk dari tim sukses, Partai Po­litik pengu­sung dan partai lainnya yang akan menjadi bahan masukan. “Ini me­ru­pakan aspirasi, tentu akan kita terima karena berbagai pihak akan banyak mem­berikan nasihat, saran dan atas kecintaan­nya ke­pada daerah untuk lebih baik lagi, kemudian tentang peng­gabungan be­berapa SKPD menjadi satu atau me­me­cahan juga telah di­ba­has dengan konsep SKPD stra­tegis tetap diper­tahan­kan untuk satu SKPD se­per­ti Dinas Pendidikan, Kese­hatan, PU, Pariwisata dan se­bagai­nya. Dinas Per­ta­ni­an, Per­ke­bunan dan Kehu­tanan ber­kemung­ki­nan ak­an di­pe­cah agar Per­tanian dapat berdiri sendiri, untuk efisiensi ang­garan, SKPD kelas A dibe­nar­kan mimiliki enam Kabid, kelas B empat Kabid dan SK­PD kategori C di­ha­rap­kan ha­n­ya membentuk dua Kepa­la Bidang saja,” sebut bupati. (h/fma)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]