Kontingen Pramuka Sumbar ke Jamnas Dilepas Gubernur


Rabu, 10 Agustus 2016 - 04:55:16 WIB
Kontingen Pramuka Sumbar  ke Jamnas Dilepas Gubernur Gubernur Sumbar diwakil Kepala Dinas Pendidikan, Priadi Syukur, melepas kontingen Jamnas Pramuka Sumbar ke perkemahan Cibubur, di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya. (MARYADI)

DHARMASRAYA, HALUAN — Kontingan Jambore nasional (Jamnas) Kwartir Daerah (Kw­ar­da) 03 Sumatera Barat, yang akan mengikuti Jamnas Gerakan Pramuka di Cibubur, dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Priadi Syukur di Halaman Kantor Bupati Dhar­masraya, Selasa (9/8). Hadir dalam acara tersebut Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tua­n­ku Kerajaan dan Ketua Kwarda 03 Sumbar, H Muslim Kasim.

Kontingen Sumatera Barat ke ajang Jamnas Pramuka ber­ke­kuatan 803 orang penggalang yang berasal dari utusan Kwar­cab dari 19 kabupaten dan kota di Ranah Minang. Masing-masing Kwarcab menempatkan 40 orang penggalang pilihan yang direkrut dari masing-masing kwartir ranting. Di luar para pramuka penggalang, ada 100 orang pendamping dan 32 pramuka berkebutuhan khusus alias disabilitas. Mereka akan diberangkatkan ke bumi perke­mahan Cibubur, Jakarta Timur, menggunakan jalan darat.

Menurut Priadi Syukur me­wakili Gubernur Irwan Prayitno, kontingen pramuka dari Suma­tera Barat merupakan hasil seleksi ketat berdasarkan ke­mam­puan, disiplin dan ketang­kasan dari semua pramuka peng­galang. Mereka mewakili Suma­tera Barat dan akan menjadi cerminan generasi muda Suma­tera Barat di iven paling ber­geng­si dalam Gerakan Pramuka Indonesia itu. Oleh karena itu, menjaga nama baik melalui capaian prestasi dan aktualisasi perilaku berbudi luhur mutlak harus ditunjukkan oleh semua anggota kontingen.

Pengiriman peserta Jamnas Pramuka ke Cibubur ini, me­nurut Priadi Syukur, juga men­jadi bukti kepedulian Sumatera Barat terhadap pembinaan ge­ne­rasi muda. Pemerintah Sumatera Barat melihat telah terjadi de­gra­dasi moral di kalangan generasi muda, dimana nilai-nilai luhur bangsa tidak lagi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui gerakan Pramuka yang menjadi bagian dari pendidikan karakter diharapkan generasi muda dapat mengetahui jatidiri bangsa yang mengutamakan keluhuran budi pekerti, gotong royong dan saling membantu.

Sementara itu, Bupati Dhar­masraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan selaku Kamabicab Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Dharmasraya, mengatakan, pi­hak­nya merasa mendapat ke­hormatan dari Kamabicab ka­bu­paten dan kota lantaran telah ditunjuk sebagai tuan rumah pelepasan kontingen pramuka Sumatera Barat ke Jamnas Ci­bubur. Momentum tersebut menunjukkan betapa sesama Kamabicab membutuhkan kerja­sama yang erat dalam mem­bangun kebersamaan dalam melaksanakan pembinaan gene­rasi muda. Pelepasan bersama itu sekaligus menunjukkan ada­nya kerjasama dan kemauan yang kuat dari semua Ka­mab­icab untuk menegakkan bendera Sumatera Barat di kancah Jam­nas Cibubur.

Kepada seluruh anggota kontingen, bupati termuda di Indonesia itu berpesan agar dalam melaksanakan aktivitas dan menjalani jambore, agar tetap taat melaksanakan shalat dan menjaga kesehatan. “Jangan tinggalkan shalat walau sesibuk apapun dan jaga selalu ke­se­hatan. Tidak ada artinya berlatih selama ini jika di arena per­tandingan kita sakit,” pesannya. Selain itu ia juga minta agar ajang jambore itu dapat dijadi­kan wahana menjalin persatuan dan kesatuan di kalangan gene­rasi muda Sumatera Barat mau­pun secara nasional.

Senada dengan itu, Ketua Kwarda O3 Sumatera Barat, Muslim Kasim mengatakan, melalui gerakan pramuka di­ha­rap­kan lahir pemimpin-pe­mim­pin bangsa masa depan. Pada Jamnas ke 10 tahun 2016 ini,

Tema yang diangkat adalah “keren”, yang berarti pramuka harus disiplin, berani tampil, gagah dalam penampilan, riang gembira dalam bersikap dan mampu bekerjasama dalam bertindak.”Selamat sampai tu­juan dan selamat pulang kem­bali,”tutup mantan Wagub Sum­bar ini. (h/mdi)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 17:17:30 WIB

    Prestasi Kontingen MTQ Sawahlunto Akan dievaluasi Menyeluruh

    Prestasi Kontingen MTQ Sawahlunto Akan dievaluasi Menyeluruh SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kontingen MTQ Kota Sawahlunto masih belum bisa membanggakan pada MTQ 38 Tingkat Provinsi Sumatra Barat yang digelar 14 - 22 Juni 2019 di Kota Solok. Informasi sementara yang didapat Kota Sawah.
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 15:49:12 WIB

    MTQ Tingkat Sumbar, Kontingen MTQ Sawahlunto Bertekad Jadi Terbaik

    MTQ Tingkat Sumbar, Kontingen MTQ Sawahlunto Bertekad Jadi Terbaik SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Kontingen MTQ Kota Sawahlunto bertekad meraih hasil terbaik di MTQ Nasional XXXVIII tingkat Provinsi Sumatra Barat yang digelar pada 14 sampai 22 Juni 2019 di Kota Solok..
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 16:11:29 WIB

    Kontingen MTQ Tanah Datar Dikukuhkan

    Kontingen MTQ Tanah Datar Dikukuhkan TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Tampilkan dan berikan kemampuan terbaik sesuai cabang lomba masing-masing. Jaga kesehatan fisik maupun mental bertanding serta kekompakan kontingen karena kita membawa nama dan marwah Kabupaten.
  • Selasa, 31 Juli 2018 - 08:14:12 WIB

    Kontingen Kota Padang Boyong Medali Emas Terbanyak KSM ke-7 Sumbar

    Kontingen Kota Padang Boyong Medali Emas Terbanyak KSM ke-7 Sumbar PADANG,HARIANHALUAN.COM-Kontingen Kota Padang berhasil meraih prestasi terbaik dengan perolehan medali emas  terbanyak pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) ke-7 tingkat Sumbar tahun 2018 di Bukittinggi dengan perolehan medali.
  • Kamis, 15 Desember 2016 - 00:59:42 WIB

    Kontingen Porprov Dibubarkan

    PAYAKUMBUH, HALUAN — Kontingen Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kota Batiah pulang dengan kepala tegak ke Payakumbuh. Masuk 10 besar merupakan lonjakan prestasi sangat luar biasa. Naik empat anak tangga, dibanding Porprov .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]