DPRD Bahas Ranperda Ketahanan Pangan


Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:05:35 WIB

PADANG, HALUAN— Komisi II DPRD Kota Padang  lakukan  kunjungan kerja pada 2-6 Agustus 2016. Mengunjungi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) RI dan ke BPOM MUI di Jakarta.

“Hal ini dalam rangka pembahasan Ranperda Inisiatif DPRD Kota Padang tentang Ketahanan Pangan,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kota Padang Elly Thris­yanti, kemarin.

Ia mengatakan, untuk daerah Kabu­paten/kota di Indonesia, Industri Rumah Tangga Khusus Pangan(IRTKP) harus mendapatkan pengawasan khusus dari instansi terkait.

“Semua proses,  dan bahan harus sesuai dengan standar UU . Ilmu yang didapat  dari kunjungan kerja  yang dilakukan Komisi II ke BPOM RI, Kemenkes dan BPOM MUI dapat diterapkan di Kota Padang.

Kami menginginkan,  bagaimana di Kota Padang mengenai pangan ini dengan keadaan aman dan sehat sampai kepada masyarakat,” katanya.

“Tidak hanya sehat dan aman, akan tetapi faktor kehalalan suatu produk pangan harus di perhatikan juga,” katanya.

Ia mengatakan, melalui dinas terkait seperti, Dinas kesehatan, BPOM,Pertanian, Diperindagtamben harus bisa melakukan pengawalan pada IRTKP.

Anggota Komisi II DPRD Kota Padang, Elvi Amri mengatakan, secara umum memang Perda Ketahanan Pangan sangat diperlukan di Kota Padang. Karena, me­nyangkut keselamatan, kesehatan ma­syarakat banyak

Menurutnya, masyarakat Kota Padang  saatnya proaktif dan bijak dalam mem­produksi serta menkonsumsi produk - produk industri rumah tangga (UKM- red).

Anggota Komisi II DPRD Kota  Padang  Aprianto menegaskan, dari masukan yang telah diperoleh dalam kunjungan kerja yang dilakukan  Komisi II, diharapkan semua UKM tidak bisa seenaknya mela­kukan produksi tanpa menuruti aturan - aturan yang ada.

Dinas terkait harus bisa mengambil kebijakan untuk memberikan teguran hingga pemberian sanksi.(h/ade)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]