Pasar Balai Baru, Dulu Ramai Kini Sepi


Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:06:01 WIB

PADANG,HALUAN — Sejak awal tahun 2016, Pasar Pagi Balai Baru sepi pedagang yang berjualan, sehingga semakin sedikit pembeli yang berkunjung ke pasar ini.

Jumlah pedagang yang bertahan hanya se­kitar  tiga  lapak dari 12 lapak yang sediakan. Di­samping itu ada tiga  toko yang dihuni dari 6 toko yang disediakan.

Jum Rahim (40), pen­diri Pasar Pagi Balai Baru mengatakan bahwa pe­nyebab pasar sepi peda­gang dan pembeli karena akses jalan menuju pasar sedikit tinggi, sehingga pembeli yang rata-rata ibu rumah tangga kesulitan untuk membawa mo­tor­nya.

“ Jalan menuju pasar penurunannya lebih tinggi sejak adanya perbaikan jalan disekitar Jalan Balai Baru tahun lalu,”kata Jum Rahim menjelaskan.

Disamping itu, jelas­nya, banyak bermunculan warung-warung yang ber­jualan kebutahan pokok sehari- hari. Ditambah lagi, pedagang di Pasar menjual harganya sama dengan harga yang di warung.

Ia mengatakan bahwa banyak pembeli me­nge­luh­kan harga yang djual pedagang di Pasar Pagi. Padahal pasar pagi meru­pakan satu-satunya pasar yang beoperasi di Balai Baru.

Jum menceritakan bah­wa Pasar Pagi Balai Baru dibangun pada tahun 2010. Awal pasar berdiri pasar sangat ramai pem­beli dan pedagang. Bah­kan ada yang tidak keba­gian lapak untuk ber­jualan.

Tapi sekarang, pem­beli lebih suka membeli kebutuhan sehari-harinya di warung yang dekat dengan rumah mereka masing- masing.

Dalam waktu dekat, ujar Jum, akan ada pere­novasian pasar dan ia akan bekerja sama dengan Bank Nagari Bypass da­lam proses pembangunan pasar agar menjadi lebih maju.

Rani (41), pedagang yang masih bertahan ber­ju­alan di pasar menga­takan bahwa akhir-akhir ini memang sepi pembeli yang belanja di pasar. Yang membuat pasar ma­sih dikunjungi karena adanya penjual kelapa dan santan peras, serta penjual ikan segar.

Selain itu, hanya be­berapa pembeli yang su­dah berlangganan sejak awal pasar didirikan yang masih berbelanja tem­patnya.

Marti (45), mengat­kan bahwa ia lebih me­milih belanja di warung dekat rumahnya, selain meng­hemat waktu, harga yang dijualpun sama dengan yang di pasar.(h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]