46 Anak Menderita Gizi Buruk


Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:09:56 WIB

PADANG, HALUAN —  Kasus gizi buruk masih menjadi mimpi buruk. Meski tak sampai tahap akut, namun di Kota Padang sejak Januari-Juni 2016, 46 anak dikategorikan menderita gizi buruk.

 “Jumlah itu sebenarnya menurun dibandingkan tahun 2015 lalu,” ujar dr. Melinda Wilma, Kepala Bidang Pe­layanan Kesehatan Dinas Ke­sehatan Kota Padang, pada Haluan, kemarin.

Dikatakannya, pada tahun 2015 kasus anak yang men­derita gizi buruk sekitar 104 orang anak. Sebanyak 80 orang diantaranya sembuh setelah menjalani perawatan.

“Kemudian sebanyak 3 orang meninggal dunia ka­renanya Sementara itu, 21 orang masih dalam perawatan dan pantauan,” tambah Melinda .

Ditambahkannya, pada ta­hun ini tak ada anak-anak yang berada pada stadium gizi buruk yang akut. Semuanya masih bisa diatasi .

“Diantaranya dengan mela­kukan perawatan di rumah sa­kit dan memperhatikan suplay makanannya,” tambahnya lagi,

Ia menjelaskan berbagai pelayanan kesehatan untuk mengatasi gizi buruk ini sudah dilakukan oleh Dinas Kese­hatan. Salah satunya adalah memberikan penyuluhan kepa­da orang tua untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan anak, terutama dalam asupan makanan.

Hal ini dibenarkan juga oleh Wilda Morinda, Amd Keb  yang bertugas di Puskesmas Air Tawar. Ia mengatakan kasus anak yang mengalami gizi buruk di Kota Padang semakin berkurang.

“Rata-rata kesehatan anak medekati normal dan bergizi baik,” tambahnya.

Wilda menjelaskan, kondisi gizi buruk yang melonjak pada tahun 2015 lalu membuat pihak puskesmas dan Dinas Kese­hatan semakin bersinergi untuk memberikan penyuluhan ke­pada orang tua, ibu hamil dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga pola makan dan asupan anak.

“Anak harus mendapat nutrisi yang seimbang dan sehat serta mengandung unsur-unsur bergizi,” kata Wilda.

Wilda mengimbau kepada orang tua agar peduli dengan kondisi gizi anak. Jika anak tidak mendapat asupan gizi yang baik, maka ia akan ter­golong kepada penderita ku­rang gizi.

“Jika sudah sampai pada tahap kurang dan belum men­dapat penanganan yang lebih baik, maka akan berakibat kepada gizi buruk. Dimana, kondisi inilah yang membaut anak rentan terhadap penyakit dan bahkan dapat menim­bulkan kematian,” katanya. (h/mg-eby)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 16 Maret 2020 - 10:50:37 WIB

    Salurkan CSR, Bank Nagari Bagikan 1.146 Paket Sembako

    Salurkan CSR, Bank Nagari Bagikan 1.146 Paket Sembako PADANG, HARIANHALUAN.COM --  Bank Nagari kembali menyalurkan CSR nya kepada masyarakat di sekitarnya. Sebanyak 1.146 paket kebutuhan pokok (berupa beras, minyak dan gula) diserahkan untuk warga di sekitar Bank Nagari kantor .
  • Selasa, 01 Januari 2019 - 20:11:05 WIB

    Malam Tahun Baru, Pol PP Padang Tertibkan 46 Remaja

    Malam Tahun Baru, Pol PP Padang Tertibkan 46 Remaja PADANG, HARIANHALUAN.COM-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, mengamankan 46 remaja saat malam pergantian tahun. Mereka terjaring oleh petugas di beberapa lokasi Padang, Selasa (1/1)..
  • Jumat, 08 September 2017 - 01:34:33 WIB
    BANYAK DIALIHFUNGSIKAN KE PERUMAHAN

    Lahan Pertanian Tersisa 7.646 Hektare

    Lahan Pertanian Tersisa 7.646 Hektare PADANG,HALUAN—Selama lima tahun belakangan, alih fungsi lahan pertanian di Kota Padang mencapai 35 hektare. Meskipun setiap tahunnya, alih fungsi lahan tidak terjadi dalam jumlah yang besar, tetapi setiap tahun pasti terjad.
  • Selasa, 06 September 2016 - 03:53:10 WIB

    46 Jabatan Struktural Dihilangkan

    PADANG, HALUAN — Sebanyak 46 jabatan struktural di lingkungan Pemprov Sumbar, dihilangkan pada Struktur Orga­nisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru yang diusulkan pemprov ke DPRD Sumbar..
  • Jumat, 24 Juni 2016 - 16:49:34 WIB

    2.146 Kendaraan Ditilang Selama Operasi Cipkon Polresta Padang

    2.146 Kendaraan Ditilang Selama Operasi Cipkon Polresta Padang PADANG, HALUAN - Sebanyak 2.146 kendaraan telah ditilang oleh jajaran Polresta Padang dalam operasi cipta kondisi (cipkon) yang digelar oleh Polresta Padang beserta unsur jajaran Polsek-polsek yang ada di Kota Padang yang dim.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]